Mohon tunggu...
WILLYBRODUS ROSSANDY
WILLYBRODUS ROSSANDY Mohon Tunggu... Mahasiswa - UKSW Student

UKSW Student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

[Kreanova] Jangan Dibuang! Nasi Basi Bisa Digunakan Untuk Ini!

30 November 2021   15:10 Diperbarui: 30 November 2021   16:18 44 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: www.wallpaperbetter.com

Hallo sobat - sobat kompasiana!

Di masa pandemi Covid-19 sekarang pasti sangat berdampak pada kehidupan sosial masyarakat tak terkecuali bagi sobat-sobat yang sedang membaca artikel ini juga. 

Adapun kerugian besar yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 ini. Namun, pada masa pandemi ini masyarakat cenderung memiliki banyak waktu saat berada dirumah sehingga memunculkan hobi baru yaitu dengan melakukan aktifitas berkebun. 

Hobi berkebun ini juga juga butuh modal tentunya, antara lain membutuhkan lahan atau pekarangan rumah ataupun teras rumah, alat - alat untuk berkebun, dan tentu saja membutuhkan pupuk agar tanaman menjadi subur. 

Dalam penggunaan pupuk, masyarakat cenderung menggunakan pupuk anorganik atau sintetis yang harganya lumayan merogoh kocek. Pupuk anorganik atau sintetis memang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman lebih cepat tepapi yang wajib diketahui bahwa pupuk anorganik berbahaya bagi lingkungan. 

Pupuk anorganik mengandung bahan kimia yang beracun bagi tanah sehingga dapat merusak struktur tanah dan sifat tanah serta dapat mengurangi jumlah mikroba di tanah yang dapat menyuburkan tanah. 

Akibat dari kerusakan ini dapat berlangsung lama hingga bersifat permanen. Untuk mengatasi masalah ini dengan pemberian pupuk organik. 

Sobat sekalian mungkin sudah tahu bahwa pupuk organik merupakan hasil penguraian bahan - bahan alami seperti kotoran hewan atau limbah sayuran dan beberapa orang mengganggap itu menjijikan. Tapi jangan khawatir sobat sekalian karena berani kotor itu baik.

Sobat sekalian pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Ya benar, itu adalah nasi. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia sejak zaman kerajaan Hindu - Buddha. Nasi kaya akan karbohirat yang mana karbohidrat pada nasi putih ini memiliki peran penting untuk memberikan energi bagi tubuh. 

Makanan pokok yang berasal dari bulir beras ini, kini tidak hanya dimakan sebagai nasi putih tetapi sudah diolah menjadi berbagai macam masakan lainnya seperti nasi goreng dan sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan