Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Aman Berolahraga Setelah Pulih dari Serangan Jantung

18 Juni 2021   09:46 Diperbarui: 18 Juni 2021   10:11 59 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Aman Berolahraga Setelah Pulih dari Serangan Jantung
Usia menjadi salah satu resiko penyebab serangan jantung, bagaimana aktivitas olahraga diimbangi? (Rajesh Balouria/Pixabay)

Tidak ada aktivitas selain olahraga untuk menjaga jantung Anda kuat, dan ini terutama berlaku untuk olahraga setelah serangan jantung.

Orang yang berolahraga secara teratur setelah mengalami serangan jantung, bersama dengan mengambil langkah lain menuju peningkatan kesehatan jantung, dapat hidup lebih lama dan menikmati kualitas hidup yang lebih baik, menurut American Heart Association (AHA).

Menjadi aktif setiap hari adalah kunci untuk jantung yang sehat.

Latihan aerobik --- berjalan, jogging, berenang atau bersepeda dan sejenisnya --- membantu menjaga jantung Anda tetap kuat. Latihan kekuatan membangun stamina Anda sementara peregangan meningkatkan fleksibilitas Anda.

Perhatikan, tidak semua latihan cocok untuk semua orang. Sebelum melakukan aktivitas fisik apa pun, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang seberapa banyak dan jenis aktivitas fisik apa yang tepat untuk Anda.

Langkah Pertama: Rehabilitasi Jantung

Mungkin bermanfaat untuk memanfaatkan rehabilitasi jantung (rehab) jika tersedia untuk Anda sebagai bagian dari rencana perawatan Anda.

Rehabilitasi jantung adalah program yang diawasi secara medis yang dirancang untuk membantu Anda pulih setelah serangan jantung, menurut Mayo Clinic.

Program tiga sampai enam bulan ini akan mengajari Anda cara memulai olahraga dengan aman setelah serangan jantung dan mengambil langkah lain untuk mencegah kejadian jantung lainnya.

Anda mungkin telah menerima rujukan ke rehabilitasi jantung ketika Anda keluar dari rumah sakit. Jika tidak, Anda dapat meminta dokter Anda untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan Anda.

Baca juga: "Risiko Serangan Jantung Meningkat Pesat Oleh Sebab Latihan Ekstrim"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x