Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengenal Berbagai Tipe Alarm di Kapal Laut

31 Mei 2021   11:34 Diperbarui: 31 Mei 2021   11:43 801 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Berbagai Tipe Alarm di Kapal Laut
Insiden seperti kapal terbakar bisa diantisipasi dengan salah satunya mengetahui jenis alarm yang sedang dibunyikan kapal laut (Daniel Roos/Pixabay)

Sinyal dan alarm darurat kapal dapat membantu kita mengatasi krisis atau menghindari keadaan darurat maritim secara efisien dan dengan cara yang benar.

Sinyal atau alarm darurat di kapal dipasang di berbagai sistem dan mesin kapal untuk memberi tahu awak kapal beserta penumpang tentang situasi berbahaya yang dapat timbul karena berbagai jenis keadaan darurat di atas kapal.

Setiap alarm darurat memiliki tipe suara tersendiri untuk memastikan bahwa seseorang setidaknya dapat mendengarkan alarm yang dapat didengar saat bekerja di area di mana melihat alarm visual tidak memungkinkan dan sebaliknya.

Adalah praktik standar dalam industri maritim internasional untuk memiliki alarm darurat di kapal untuk peringatan tertentu yang serupa untuk semua kapal laut, tidak peduli di laut mana mereka berlayar atau di perusahaan mana mereka berasal.

Similaritas ini membantu pelaut untuk mengetahui dan memahami jenis peringatan / darurat atau alarm darurat kapal dengan baik dan membantu mengatasi situasi dengan lebih cepat.

Untuk penumpang, selagi menunggu instruksi lebih lanjut dari awak kapal, ada baiknya juga untuk mengetahui makna dari setiap alarm yang dibunyikan pada kapal laut.

Baca juga: "Istilah 'Subsunk' dan 'On Eternal Patrol' KRI Nanggala 402" oleh Stefani Ditamei

Berikut adalah jenis alarm darurat atau sinyal di atas kapal yang dipasang untuk memberikan peringatan audio-visual.

1) Alarm Umum

Alarm darurat umum di kapal dikenali dengan 7 dering pendek bel diikuti dengan dering panjang atau menggunakan sinyal klakson kapal dengan irama yang sama.

Alarm umum di kapal dibunyikan untuk memberi tahu awak kapal bahwa keadaan darurat telah terjadi seperti kebakaran, tabrakan, melandas, atau skenario yang dapat menyebabkan kapal ditinggalkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN