Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Apa Itu Literasi Digital dan Mengapa Itu Penting?

21 Mei 2021   13:36 Diperbarui: 21 Mei 2021   14:23 185 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Literasi Digital dan Mengapa Itu Penting?
Literasi digital bukan sekedar jargon, namun harus digalakkan sejak dini (Joseph Mucira/Pixabay)

Apa arti istilah "literasi digital" bagi Anda?

Meskipun arti literasi digital dapat sangat bervariasi menurut sumbernya, bahkan sampai membingungkan, literasi digital mencakup keterampilan abad ke-21 yang terkait dengan penggunaan teknologi yang efektif dan tepat.

Untuk menyederhanakan, mari persempit literasi digital kepada satu definisi.

American Library Association (ALA) mendefinisikan literasi digital sebagai "kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, membuat, dan mengkomunikasikan informasi, yang membutuhkan keterampilan kognitif dan teknis".

Dengan definisi literasi digital ALA sebagai panduan, penting untuk dipahami bahwa bahkan digital native yang tahu cara mengirim teks dan postingan ke media sosial tidak dianggap "melek digital" dengan cara apa pun.

Literasi digital dalam pendidikan mencakup lebih dari itu.

Misalnya, siswa harus memiliki keterampilan khusus saat membaca teks online yang mungkin berisi sumber daya yang disematkan seperti hyperlink, klip audio, grafik, atau bagan yang mengharuskan siswa membuat pilihan.

Siswa saat ini juga diminta untuk membuat, berkolaborasi, dan berbagi konten digital dan melakukannya secara bertanggung jawab.

Oleh karena itu, kepala sekolah, pustakawan sekolah, dan guru memahami pentingnya keterampilan literasi digital bagi siswa dan pengajaran literasi digital di kelas.

Mengapa membaca online bukanlah "melek digital"

Siswa yang menggunakan keterampilan kognitif dan teknis untuk menemukan, mengevaluasi, membuat, dan mengkomunikasikan informasi pasti sedang dalam perjalanan untuk menjadi konsumen konten digital yang melek digital dan paham.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN