Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

El Clasico: 30 Fakta Setelah Real Madrid Menang atas Barcelona

11 April 2021   04:58 Diperbarui: 11 April 2021   07:48 150 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
El Clasico: 30 Fakta Setelah Real Madrid Menang atas Barcelona
Laga Real Madrid vs Barcelona yang berakhir dengan skor 2-1 juga mengukir fakta El Clasico terbaru (AFP/Javier Soriano via kompas.com)

Real Madrid memenangi pertandingan El Clasico melawan Barcelona dengan skor 2-1 dalam lanjutan Liga Spanyol 2020-2021.

Dalam laga yang dilangsungkan pada Minggu (11/4/2021) dini hari WIB, dua gol kemenangan Real Madrid masing-masing dicetak Karim Benzema dan Toni Kroos di babak pertama, dengan Barcelona hanya mampu membalas sekali lewat Oscar Mingueza setengah jam sebelum pertandingan berakhir.

Kemenangan di gelaran El Clasico juga mengantarkan Real Madrid ke puncak klasemen sementara Liga Spanyol 2020-21 dengan koleksi 66 poin.

Adapun Barcelona kini menempati posisi ketiga dengan 65 poin, di bawah Atletico Madrid yang memiliki poin sama dengan rival sekotanya dan memiliki tabungan 1 pertandingan.

Baca juga: "Fakta Seru Jelang EL Clasico: Real Madrid Vs Barcelona" oleh Yohanes Ishak
"El Clasico, Real Madrid, dan Wasit Kontroversi" oleh ellazuardi

Berikut 30 fakta El Clasico yang baru saja selesai:

  1. Real Madrid mempertahankan keunggulan historis mereka dalam El Clasico dengan kemenangan ke-75 dari 182 pertandingan liga antara kedua raksasa tersebut, sementara Barcelona menang sebanyak 72 kali. Sisanya merupakan hasil seri (35 pertandingan).
  2. Real Madrid telah memenangkan 3 pertandingan terakhir mereka melawan Barcelona, catatan yang terakhir terukir di tahun 1978.
  3. Kemenangan 2-1 membuat Real Madrid untuk pertama kalinya memenangkan dua pertandingan LaLiga melawan Barcelona dalam satu musim sejak musim 2007-08.
  4. Tiga gol yang memisahkan mereka dalam pertandingan liga, karena Real Madrid telah mencetak gol ke gawang Barcelona 293 kali, sedangkan Barcelona baru mencetak gol ke gawang Real Madrid dalam 290 kesempatan.
  5. El Clasico 10 April 2021 adalah yang pertama yang akan diselenggarakan di Estadio Alfredo Di Stefano. Los Blancos memang dua kali dari empat kesempatan saat menjamu Barcelona untuk pertama kalinya di stadion baru.
  6. Lionel Messi masih memegang rekor gol El Clasico terbanyak daripada pemain lain dengan 26 gol, diikuti oleh Alfredo Di Stefano dan Cristiano Ronaldo dengan 18 gol.
  7. Lionel Messi menyamai rekor 45 penampilan dalam gelaran El Clasico yang sebelumnya dicapai terlebih dahulu oleh Sergio Ramos. Kedua pemain mengukir rekor penampilan di El Clasico terbanyak sepanjang sejarah.
  8. Messi bergabung dengan Xavi Hernandez sebagai pemain Blaugrana yang paling banyak bermain di liga melawan Real Madrid dalam 29 pertandingan.
  9. Zinedine Zidane mencetak rata-rata 2,24 poin per pertandingan sebagai bos Real Madrid, dibandingkan dengan 1,5 poin per pertandingan di Barcelona oleh Ronald Koeman.
  10. Koeman menjadi manajer Blaugrana pertama sejak Joaquim Rife pada 1980 yang kalah dalam dua pertandingan LaLiga pertamanya melawan Real Madrid.
  11. 53 gol liga Real Madrid berasal dari 13 sundulan, 10 tendangan kaki kiri dan 27 dengan kaki kanan; Barcelona telah mencetak 69 gol: 5 sundulan, 42 dengan kaki kiri dan 18 dengan kaki kanan. Gol yang tidak terhitung dari total masing -- masing tim adalah gol bunuh diri.
  12. Gol-gol Real Madrid itu termasuk 43 di dalam kotak penalti, 7 di luar, 1 tendangan bebas, dan 2 penalti, sementara Barcelona telah mencetak 56 kali dari dalam kotak pinalti, 8 dari luar, 2 tendangan bebas dan 2 penalti.
  13. Real Madrid telah menghadapi lebih banyak tembakan ke arah gawangnya musim ini daripada Barcelona, tetapi lebih sedikit yang tepat sasaran: 286 (95 tepat sasaran) berbanding 252 (101).
  14. Sergio Ramos melewatkan tiga laga El Clasico sejak debutnya di Real Madrid, dengan Los Blancos mematahkan rekor selalu imbang ketika Ramos absen. (1 menang, 2 seri).
  15. Barcelona harus puas dengan rekor 9 kemenangan tandang berturut-turut di LaLiga musim 20-21 dan gagal menyamai rekor 10 kemenangan tandang berturut-turut yang terakhir dicapai pada 2013.
  16. Messi belum mencetak gol ke gawang Thibaut Courtois sejak pemain Belgia itu bergabung dengan Real Madrid, dengan dirinya baru bisa menjebol tiga kiper Real Madrid lainnya yang pernah tampil di El Clasico: Iker Casillas (17 gol), Keylor Navas (5) dan Diego Lopez (4) .
  17. Karim Benzema telah mencetak setidaknya satu gol dalam tujuh pertandingan terakhir LaLiga dan menjadi pemain Real Madrid keempat yang mencetak gol dalam tujuh pertandingan liga berturut-turut di abad ke-21, setelah Ruud van Nistelrooy (2007), Cristiano Ronaldo (pada empat kesempatan) dan Gareth Bale (2018).
  18. Benzema memecahkan kebuntuannya ketika berhadapan dengan Blaugrana, dengan gol yang membuka skor El Clasico 10 April 2021 menjadi gol pertamanya setelah puasa pada sembilan laga terakhir El Clasico di semua kompetisi.
  19. Pedri telah memainkan lebih banyak pertandingan daripada pemain Barcelona mana pun musim ini dengan 44 pertandingan, satu lebih banyak dari Frenkie de Jong, dan hanya melewatkan satu pertandingan sepanjang musim 20-21.
  20. Untuk Real Madrid, Luka Modric mencatatkan penampilan terbanyak dengan 39 penampilan, disusul Kroos dan Vinicius Junior dengan 38 penampilan.
  21. Barcelona masih menjadi klub dengan nama pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa dengan 18 nama berbeda di LaLiga musim ini. 18 pencetak gol merupakan rekor yang sama dicapai Blaugrana pada musim lalu.
  22. Messi mungkin pencetak gol terbanyak El Clasico sepanjang masa, tetapi dia mengukir rekor kurang enak karena gagal mencetak gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya melawan Real Madrid.
  23. Zidane sebagai pelatih memenangi 6 pertandingan El Clasico dan menyalip Jose Mourinho dalam jumlah kemenangan di laga akbar ini. Rekornya sama kuat dengan Luis Molowny dan Francisco Bru, walaupun pencapain terbesar masih dipegang oleh Miguel Munoz (16 kemenangan).
  24. Barcelona kalah dua kali berturut-turut ketika bertandang ke stadion Real Madrid, mengulangi sejarah yang terakhir terjadi pada 2008 ketika Frank Rijkaard menjadi pelatih kepala.
  25. Sergio Ramos tidak tampil melawan Barcelona pada El Clasico untuk pertama kalinya sejak bergabung dengan Real Madrid, setelah bermain di semua 31 pertandingan terakhir.
  26. Isco menjadi pemain Real Madrid dengan penampilan pengganti terbanyak musim 20-21 dalam 13 kali kesempatan.
  27. Francisco Trincao dari Barcelona mengalahkan angka itu dengan ia dimanfaatkan Koeman sebagai pemain pengganti dalam 22 kesempatan musim ini.
  28. Real Madrid hanya kalah satu kali dari 20 pertandingan LaLiga terakhir mereka, yaitu melawan Levante pada Januari setelah sebelumnya kalah tiga dari enam pertandingan sebelumnya.
  29. Lionel Messi -- Jordi Alba (1.7m) dan Luka Modric (1.72m) adalah pemain terpendek yang tampil di El Clasico 10 April 2021.
  30. Sergio Busquets (1,89m) dan Eder Militao (1,86m), sebaliknya, menjadi pemain tertinggi yang tampil di El Clasico kali ini.

VIDEO PILIHAN