Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Apa Itu Pekan Suci? Mengenal Rangkaian Minggu Paskah

25 Maret 2021   19:57 Diperbarui: 30 Maret 2021   23:42 252 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Pekan Suci? Mengenal Rangkaian Minggu Paskah
Pekan Suci diawali Minggu Palma dan berakhir pada Minggu Paskah (James Chan/Pixabay)

Pekan Suci adalah rangkaian delapan hari yang memberi kita kesempatan untuk merenungkan pergeseran umat manusia yang diluncurkan pengorbanan Yesus di kayu salib. Pekan suci dimulai dengan Minggu Palem ketika Yesus memasuki kota Yerusalem.

Selama seminggu umat Kristiani dituntun melalui Perjamuan Terakhir, penyaliban-Nya, dan berakhir pada Minggu Paskah dengan kebangkitan-Nya.

Ini adalah dasar dari Kekristenan, pengorbanan-Nya meluncurkan Perjanjian Baru yang dijanjikan Tuhan dan banyak yang telah bernubuat di sepanjang Perjanjian Lama.

Setiap hari dalam Pekan Suci memungkinkan umat Kristiani untuk mengintip ke dalam hati Juruselamat dari jarak yang sangat dekat. Kasih-Nya bagi kita tercermin dalam setiap langkah penting menuju salib, setiap nafas hingga akhir, dan kebangkitan-Nya.

Baca juga: "Paskah Tersunyi namun Sarat Makna dalam Gumul Covid-19" oleh Meidy Yafeth Tinangon

Bagaimana Pekan Suci Menuju Minggu Paskah

Meskipun Yesus tidak berjalan di bumi berinkarnasi sampai Dia lahir di Betlehem dari Maria dan Yusuf, Dia ada dan bekerja di seluruh isi Alkitab.

Kitab Suci meyakinkan kita bahwa Dia hadir pada saat Penciptaan bersama Bapa, bahwa Dia adalah Firman, dan banyak nubuat yang secara khusus digenapi selama minggu terakhir kehidupan Yesus di bumi ini. Setiap Injil memiliki narasi tentang minggu terakhir kehidupan Yesus (Matius 21-28; Markus 11-16; Lukas 19-24; Yohanes 12-21).

Apa Itu Pekan Suci?

Pekan Suci dimulai pada Minggu Palem dan diakhiri dengan Minggu Paskah. Selama satu minggu ini, banyak nubuatan alkitabiah digenapi. Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dengan mati di kayu salib pada hari Jumat Agung dan bangkit pada hari Minggu Paskah.

Dengan menanggung dan mengalahkan kematian sebagai pengorbanan bagi kita, Dia membuka pintu surga membuka jalan bagi dosa kita untuk diampuni dan mengantarkan kita ke hadirat Tuhan (Roma 5: 8).

Karena sifat berdosa umat manusia akibat kejatuhan Adam dan Hawa di taman Eden, mustahil bagi kita untuk "cukup baik" berada di hadirat Tuhan dan diampuni atas dosa-dosa kita. Yesus mati untuk memberi jalan keselamatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN