Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Messi-Ronaldo hingga Liga Super Eropa: 5 Poin Utama dari Liga Champions Pekan Ini

11 Maret 2021   19:46 Diperbarui: 19 Maret 2021   11:49 110 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Messi-Ronaldo hingga Liga Super Eropa: 5 Poin Utama dari Liga Champions Pekan Ini
Source: Kemal Can Aytekin / Pixabay

5 hal yang patut diperbincangkan setelah pertandingan Champions League yang melihat Juventus dan Barcelona tersingkir.

Hasil Liga Champions 10-11 Maret waktu Indonesia:

  • Juventus 3-2 Porto (Agregat 4-4, Porto lolos ke perempatfinal dengan keunggulan gol tandang)
  • Dortmund 2-2 Sevilla (Agregat 5-4, Dortmund lolos)
  • PSG 1-1 Barcelona (Agregat 5-2, PSG lolos)
  • Liverpool 2-0 Leipzig (Agregat 4-0, Liverpool lolos)

1. Hitung mundur waktu Ronaldo dan Messi di Champions League

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bernasib buruk di Eropa semenjak mereka tidak lagi bertemu di Liga Spanyol. Peluang untuk mempertemukan mereka di ajang kompetitif semakin sedikit, dengan tahun tersisa untuk mereka berlaga di Champions League juga tinggal dalam hitungan jari.

Barcelona terus terpuruk dalam tiga musim terakhir; terhenti di semifinal musim 18-19 di tangan Liverpool; kalah dengan skor memalukan 2-8 atas Bayern Muenchen di babak perempatfinal 19-20; dan gagal melaju ke perempatfinal di musim ini setelah takluk atas PSG. Terakhir kali Barca tersingkir di babak 16 besar terjadi pada musim 2005-06, namun nasib Juventus lebih buruk lagi dalam periode waktu yang sama.

Juventus tersingkir di babak 16 besar dalam dua musim berturut-turut. Cristiano Ronaldo yang didatangkan dengan harapan akan mengantarkan juara setelah 25 tahun hanya melangkah paling jauh ke perempatfinal selama 3 musim terakhir.

Jangan lupakan faktor umur dan kontrak. Ronaldo berumur 36 tahun dan akan memasuki tahun terakhir kontrak dengan Juventus di musim 21-22. Memang Direktur Olahraga Juve, Fabio Paratici, mengatakan klub tidak akan terburu-buru memulai perpanjangan kontrak, namun CR7 tentu melihat peluang yang terbentang di luar Eropa untuk kontrak besar terakhir dan membangun brand setelah berhenti bermain.

Baca juga: "Skandal "Barcagate", Isu Kebangkrutan, dan Peluang Lionel Messi Hengkang dari Barcelona" oleh IrfanPras

Kondisi Lionel Messi tidak lebih baik dengan kontrak bermain yang disanggupinya hanya untuk musim ini setelah perseteruan dengan presiden lama, Joseph Bartomeu. Pemain Argentina ini memang baru berumur 33 tahun sehingga masih akan ada banyak waktu bermain dan bisa saja menuntaskan karirnya di Barca jika berhasil dirayu presiden baru, Juan Laporta. Tapi tidak ada yang tahu hati Messi mengarahkan dia kemana.

Kesempatan melihat Ronaldo dan Messi main di liga yang sama sulit terlihat untuk sekarang, dengan kesempatan mereka berduel hanya di pertandingan klub Eropa dan kompetisi antar negara. Harapan untuk melihat pertarungan dua pemain terbaik dunia tinggal digantungkan kepada ambisi mereka untuk meraih trofi Liga Champions dan ketika Tuhan / keberuntungan mengizinkan klub mereka melangkah jauh.

2. Liverpool yang sulit kalah di Eropa

Benua Eropa, bukan Inggris, yang jadi rumah Liverpool musim ini. Mengapa? Ada di halaman selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x