Mohon tunggu...
Willi Andy
Willi Andy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hidup dengan cinta dan kasih sayang

Berjuang dengan sungguh-sungguh tanpa lelah dan penuh perhatian

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Inilah 5 Pekerjaan Digital Paling Prospektif di Tahun 2023

10 November 2022   06:16 Diperbarui: 12 November 2022   16:24 1726
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi para pekerja sedang bekerja di depan komputer. | Sumber: Unsplash.com

Di tahun 2006 penulis pernah mencoba bisnis sambilan yang kalau bisa menguntungkan maka bisa bermanfaat sebagai uang saku.

Yah karena pendapatan ekstra sangatlah asyik digunakan untuk jajan atau uang bensin. Lumayan kalau ada pasif income setidaknya uang gaji pokok bisa ditabung.

Terbesit lah untuk berjualan secara online. Pekerjaan tersebut sangatlah mudah ditekuni dibandingkan memiliki toko yang nyata dan eksis. Tidak perlu bayar sewa toko, biaya listrik, dan masih banyak biaya lainnya seperti asuransi dan keamanan.

Belum lagi penulis tidak perlu ke sana untuk menjaga toko, melayani pembeli dan segala macam urusan yang perlu dikerjakan di lapangan.

Setelah menentukan untuk berjualan online, maka langkah selanjutnya adalah memilih platform marketplace. Ada beberapa pilihan di masa itu tapi tidaklah banyak seperti pada masa sekarang ini. Setelah berpikir cukup panjang maka diputuskan menggunakan eBay platform untuk berjualan online.

Langkah selanjutnya adalah menentukan barang yang ingin dijual, dari mana barang diperoleh, bagaimana strategi berjualan. Akhirnya penulis mencoba berjualan topi yah karena warga AS sangat gemar memakai topi.

Setelah itu harus diputuskan siapakah yang menjadi target yang akan ditujukan sebagai calon pembeli. Ini juga berkaitan erat dengan tipe barang yang akan dijual.

Akhirnya penulis memilih berjualan topi tipe militer. Jadi calon pembeli adalah para aktif militer dan pensiunan militer.

Dalam menjalani bisnis online di platform semacam eBay sangatlah mudah karena semuanya sudah tersedia seperti tampilan dan format website, promosi, marketing, analisa dan riset produk.

Jadi dengan kita berjualan di platform semacam eBay, semuanya sudah ada dan komplit. Coba bayangkan bagaimana jika kita sendiri yang melakukan semuanya itu. Alih-alih kita berjualan online, kita malah jadi sibuk seharian untuk semua itu dan kapan bisa memulai berjualan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun