Mohon tunggu...
William Soumokil
William Soumokil Mohon Tunggu... Wirausaha -

Anak Bangsa I Pecinta Kopi Hitam I Penikmat Film I Penyuka Buku I Tertarik pada Sejarah,Sastra dan Budaya I

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Enid Blyton, Ratu Novelis Fiksi Sebelum Era J.K Rowling

4 Oktober 2016   23:32 Diperbarui: 5 Oktober 2016   10:50 494 7 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Enid Blyton (1897-1968) Ilustrasi gambar : lostinthepond.com

Jauh sebelum era booming-nya J.K Rowling dengan novel tenarnya Harry Potter yang mendunia, genre buku fiksi petualangan anak dan remaja sebenarnya sudah lebih dahulu ‘diguncangkan’ lewat karya-karya fiksi petualangan anak karangan Enid Blyton, penulis wanita asal Inggris yang melegenda sebelum era Rowling. Dari ratusan judul buku yang ditulis Blyton hampir semua karyanya menjadi buku populer di seluruh dunia dan masih terjual hingga jutaan copy sampai hari ini.

Enid Blyton lahir di Dulwich,Inggris pada 11 Agustus 1897 dari pasangan Thomas Carey Blyton dan Mary Theresa Harrison. Bakat menulis dan kecintaannya pada buku dan sastra sudah mulai terlihat saat usia belia. Blyton remaja kemudian menjuarai kompetisi puisi pada usia 14 tahun. 

Meski tak mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtuanya yang mengalami kegagalan dalam berumah tangga, melalui perjuangan panjang penuh liku Blyton yang harus hidup di asrama tanpa bimbingan kedua orang tuanya akhirnya berhasil menerbitkan buku pertamanya yang berjudul Child Whispers’ pada tahun 1922 yang di kemudian hari mulai melambungkan namanya.

Buku pertama Enid Blyton berjudul Child Whispers (1922) : the-saleroom.com
Buku pertama Enid Blyton berjudul Child Whispers (1922) : the-saleroom.com
Selama era kepenulisan Blyton (1922-1968), ia setidaknya telah menulis lebih dari 750 judul buku populer yang telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 90 bahasa di dunia dan terjual lebih dari 600 juta copy secara internasional. 

Blyton pula telah menulis 10.000 cerita pendek (cerpen) yang menempatkannya ke dalam deretan nama Penulis terpopuler di dunia. Pada tahun 2008 jauh setelah kepergiannya sebuah ajang penghargaan Costa Book Awards kembali menobatkan Enid Blyton sebagai Penulis yang paling dicintai publik melampaui nama-nama besar sekaliber Roald Dahl dan J.K Rowling.

Umumnya buku-buku Blyton ditujukan pada pembaca usia anak dan remaja namun melalui gaya penulisannya yang khas serta alur cerita yang menarik dan mudah dicerna maka tak heran jika buku-buku Blyton juga diterima dengan manis oleh pembaca di segala usia. Walau telah berusia lebih dari setengah abad lampau karya-karya fiksi petualangan Blyton seakan masih ‘hidup’ bahkan masih dicetak hingga hari ini dan terjual sebanyak jutaan copy setiap tahunnya. 

Enid Blyton bersama anak-anak yang mencintai karyanya : sscommunity.com
Enid Blyton bersama anak-anak yang mencintai karyanya : sscommunity.com
Di antaranya yang melambungkan nama Blyton tentu saja adalah seri petualangan ‘The Famous Five’ (Lima Sekawan) yang mengisahkan perjalanan lima sekawan Julian, Dick, Anne, Dick serta Timmy seekor anjing cerdik yang setia menemani mereka memecahkan misteri-misteri unik nan menegangkan yang terjadi di sekitar mereka. 

Karena derasnya permintaan pembaca, seri petualangan ‘The Famous Five’ (Lima Sekawan) akhirnya diselesaikan Blyton ke dalam 21 seri dari 8 seri awal yang ditulis  Blyton. Seri petualangan ‘The Famous Five’ (Lima Sekawan) menjadi karya emas Blyton yang mendunia dan ditulis selama kurun waktu 21 tahun (1942-1963). Petualangan ‘The Famous Five’ pula menjadi semakin fenomenal setelah dirilis dalam versi serial televisi.

The Famous Five (Lima Sekawan) seri pertama berjudul Five on Treasure Island terbit pada tahun 1942 : pinterest.com
The Famous Five (Lima Sekawan) seri pertama berjudul Five on Treasure Island terbit pada tahun 1942 : pinterest.com
Di samping ‘The Famous Five’ karya Blyton yang tak kalah bersinar adalah ‘Secret Seven’ (Sapta Siaga) yang hampir senada dengan petualangan Lima Sekawan.‘Secret Seven’ (Sapta Siaga) digawangi oleh Peter,Janet,Jack,Pamela,Barbara,Colin dan anjing pelacak mereka bernama Skippy. ‘Secret Seven’ (Sapta Siaga) dirilis dalam 15 judul pada tahun 1949 sampai 1963. 

Beberapa karya populer Blyton lainnya adalah ‘The Fife Find Outers‘ atau ‘Pasukan Mau Tahu’ (1943-1961) yang mengisahkan petualangan pasukan Larry,Daisy,Pip,Bets,Fatty, dan Buster (seekor anjing milik Fatty), ada pula Seri Lima Serangkai dan karakter Noddy yang unik. Selain menerbitkan novel Blyton pula menerbitkan majalah Sunny Stories dan Enid Blyton’s Magazine.

Seri fiksi petualangan Blyton yang populer : natashatander.wordpress.com
Seri fiksi petualangan Blyton yang populer : natashatander.wordpress.com
Menginjak usia senja Blyton mengidap penyakit yang paling ditakuti Penulis yaitu menurunnya daya ingat dan kegagalan fungsi otak yang memaksanya untuk berhenti menulis. Blyton tutup usia pada 28 November 1968 dan dikenal sebagai penulis buku remaja paling sukses secara komersial. Setelah 40 tahun kematiannya sebuah film berjudul ‘Enid’ dirilis di Inggris pada November 2009 yang diangkat berdasarkan kisah hidup Enid Blyton dan diperankan secara dramatis oleh Helena Bonham Carter untuk mengingat kembali perjalanan  Enid Blyton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan