Mohon tunggu...
William Partogi
William Partogi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Tetap Semangat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jurusan Teknik Mesin UNDIP Bisa Apa di Saat Pandemi Covid-19?

12 Agustus 2020   21:39 Diperbarui: 12 Agustus 2020   21:28 12 0 0 Mohon Tunggu...

Covid-19 yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. 

Indonesia saat ini tengah menghadapi hari-hari melawan covid-19, bahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) telah mengeluarkan surat edaran baru yang pada intinya menyatakan perpanjangan masa bekerja dari rumah (Work From Home) dan penyesuaian sistem kerja. 

Hal tersebut juga berlaku bagi pendidikan, dengan dihapuskannya Ujian Nasional, belajar di rumah melalui aplikasi tertentu, kuliah daring, bimbingan dan seminar daring merupakan contoh pelayanan bidang pendidikan. Bagaimana tidak baik pengajar maupun peserta didik dipacu untuk memahami setidaknya penggunaan teknologi digital. Di sisi lain peserta didik juga dipaksa untuk mengeksplor teknologi dan informasi dan menyalurkan kreatifitasnya melalui inovasi-inovasi dalam tugas-tugas yang diberikan. 

Semarang (29/7), pandemi virus corona masih terus mengalami peningkatan harian di Indonesia. Hingga tanggal 29 Juli 2020, jumlah orang di Indonesia yang terinfeksi virus ini mencapai 104.432 jiwa. Sementara, di Kota Semarang sendiri, masih terdapat 695 kasus aktif Covid-19. Di tengah pandemi Covid-19, Universitas Diponegoro tetap mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Namun, terdapat penyesuaian dalam pelaksanaan KKN ini. Mahasiswa melaksanakan kegiatan di tempat tinggal masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Pembimbingan kegiatan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilakukan secara daring. KKN yang berlangsung sejak 5 Juli 2020. 

RT04/RW01 Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang merupakan salah satu lokasi KKN Universitas Dipomegoto Tahun 2020. Kesadaran masyarakat disini untuk mematuhi protokol kesehatan cukup tinggi.  Di balik hal tersebut peserta didik dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan Pendidikan era Revolusi 4.0 dengan menerapkan internet of things (IoT). 

Sehingga dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya melalui tugas bersama (kolaborasi), tugas individu maupun project tertentu yang bermanfaat di tengah situasi wabah ini. Contohnya yang telah dilakukan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro dengan mendesign Alat bantu penyemprot Hand Sanitizer & Face Shield dengan memanfaatkan software Solid Work, dan disaat desain sudah selesai dapat dilakukan penggalangan dana bersama untuk membuat alat yang dapat menekan angka Covid-19 di Indonesia. 

VIDEO PILIHAN