Mohon tunggu...
William Lukman Djaja
William Lukman Djaja Mohon Tunggu... Social Media Strategist

Saya membantu penyedia jasa professional memaksimalkan digital marketing dan social media mereka untuk mendapatkan client baru lewat dunia online

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

11 Cara Cepat Belajar Bahasa Korea dalam 3 Bulan

14 Desember 2016   13:18 Diperbarui: 15 Desember 2016   12:33 8705 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
11 Cara Cepat Belajar Bahasa Korea dalam 3 Bulan
Ilustrasi guru Korea. Koreabridge.net

Dewasa ini segala sesuatu sudah sangatlah instan mulai dari makanan sampai berbagai hal-hal yang sewajarnya tidak bisa diinstankan. Tetapi, dengan pertumbuhan teknologi, tingkat kecerdasan dan berbagai strategi-strategi yang baru, banyak proses-proses yang bisa dipotong dan membuat kita mencapai tujuan kita dengan lebih cepat.

Salah satu yang sedang naik daun adalah memotong proses belajar bahasa asing, banyak program-program dan sekolah-sekolah bahasa yang mempromosikan bahwa mereka mampu membuat murid-muridnya berbicara bahasa asing dengan lancar dalam 3 bulan, meskipun kenyataannya belum tentu. Kenapa? Karena untuk bisa berbicara dengan lancar perlu banyak waktu dan belajar seminggu 2 kali di tempat les sudah pasti 100% tidak akan bisa membuat hal tersebut menjadi kenyataan.

Kenapa belajar 2 kali di tempat les tidak akan bisa membuat kita berbicara bahasa asing dengan cepat? Alasannya sebenenarnya sangatlah sederhana, karena kita hanya menggunakan waktu 2 sampai 3 jam dari ratusan jam dalam satu minggu hidup kita. Cara terbaik untuk mencapai target bahasa asing dalam 3 bulan, untuk kali ini kita bakalan membahas 3 bulan bahasa Korea.

Mungkin bahasa Korea bukanlah bahasa yang populer dipelajari di beberapa tempat les, tetapi kalau kita lihat perkembangan budaya Korea di Indonesia dan tentunya iklim investasi negara ini di Indonesia kita perlu melihat bahwa ada kesempatan besar yang terletak di dalam kemampuan berbahasa Korea. Perusahaan-perusahaan Korea tentunya akan memiliki hubungan dengan orang yang mampu berbahasa Korea dan membangun hubungan yang lebih khusus di bandingkan dengan hubungan kantor. Kemudian, banyak juga yang mendapatkan keuntungan dari menerjemahkan bahasa Korea ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya.

Namun, jika kita lihat saat ini peminat bahasa Korea hanyalah mencapai titik “suka budayanya” bukan sampai di titik seperti bahasa Inggris ataupun bahasa Mandarin di mana kemampuan ini adalah persyaratan untuk berbisnis atau berkarir. Meskipun demikian, potensi bahasa Korea mencapai titik tersebut bukanlah tidak mungkin untuk dicapai di Indonesia. Terkadang, banyak orang yang merasa bahwa belajar bahasa hanya karena hobi tidak akan mendapatkan apa-apa dari hal tersebut, padahal kalau kita perdalam sedikit lebih dalam kita bisa mendapatkan keuntungan dari kemampuan berbahasa Korea, entah itu mengajar orang lain atau apapun itu.

Permasalahannya, bagaiamana caranya agar kita bisa berbicara bahasa Korea dalam 3 bulan? Bisakah? Kita sering menuliskan bahwa ada perbedaan yang sangat besar antara berbicara dengan berbicara dengan lancar, tentu untuk berbicara dengan lancar kita perlu latihan yang panjang karena pengertian dari berbicara dengan lancar atau dengan “fluent” berarti berbicara tanpa “pauses” atau bagaimana kita bisa membuat percakapan berjalan dengan lancar. 

Tetapi jika kita hanya ingin berbicara biasa, contohnya: memesan makanan di restoran Korea menggunakan bahasa Korea, atau berbicara bahasa Korea dengan orang Korea di tengah jalan, atau mungkin pergi berlibur ke Korea atau jika kalian adalah seorang Youtuber, siapa tahu ingin membuat video dalam bahasa Korea, atau kalian hanya ingin ngobrol dalam bahasa Korea dengan teman Korea kalian. Hal tersebut sangatlah mungkin untuk dicapai dalam 3 bulan.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah awal atau langkah praktis yang menurut kami sangat memungkinkan untuk dilakukan.

1. Dapatkan Materi Belajar Bahasa Korea untuk 3 bulan penuh

Saat ini banyak sekali buku-buku pelajaran atau materi-materi bahasa Korea yang tersedia di toko-toko buku di seluruh Indonesia, bahkan jika kalian ingin kalian bisa memesan buku atau materi dari luar negeri. Tetapi, saat kalian memilih buku atau materi pastikan materi tersebut berkualitas dan tentunya dapat kalian gunakan untuk 3 bulan kemudian. 

Karena banyak sekali materi-materi belajar yang hanya mencakup beberapa hari saja dan setelah bukunya habis belum tentu sudah 3 bulan dan sudah pasti materinya tidak akan cukup untuk membuat kita berbicara dalam bahasa Korea. Jadi, langkah pertama pastikan kalian punya materi belajar bahasa Korea yang pas untuk 3 bulan. 

2. Dapatkan Mentor atau Fasilitator

Mentor dan fasilitator bukanlah seorang guru yang mengajar kalian, berbeda dengan seorang guru, seorang mentor akan membantu kalian untuk berbicara atau setidaknya menemani kalian ngobrol dalam bahasa Korea dan fokusnya bukanlah untuk mengajar materi yang ada melainkan untuk memperjelas dan menjawab pertanyaan jika ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x