Mohon tunggu...
Wili NormaWati
Wili NormaWati Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA IAIN JEMBER

Menjadi Wanita Karir adalah Sebuah Impian yang Harus Terwujudkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Langkah-langkah Pokok Pembuatan Bahan Ajar Akidah Akhlak

23 Mei 2021   20:27 Diperbarui: 23 Mei 2021   21:37 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : WIli Norma Wati

Nim : T20191055

Matkul : Pengembangan Bahan ajar akidah akhlak

Dosen pengampu: Bahrul Munib , SH.I.,M.Pd.I

Ada beberapa langkah langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan dan penyusunan bahan ajar.Perlunya Analisis Buku Tesis , Langkah pertama dalam membuat bahan ajar adalah menganalisis kebutuhan bahan ajar , bahwa analisis kebutuhan pembelajaran merupakan proses awal penyusunan bahan ajar. saat menganalisis permintaan bahan ajar , ada 3 tahap yaitu analisis mata kuliah, analisis sumber belajar dan penentuan jenis dan judul bahan ajar. keseluruhan proses tersebut menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pembuatan bahan ajar yang tidak dapat kita pisahkan.

Langkah pembuatan bahan ajar Akidah akhlak di bagi menjadi empat tahap .

1. Analisis Kursus 

tahap pertama ini menunjukkan kemampuan menentukan kebutuhan bahan ajar. oleh karena itu, buku teks sebenarnya kami hasilkan diharapkan dapat membuat siswa menguasai semua kemampuan yang ditentukan. untuk itu, kita perlu mempelajari lima hal. [ Standar Kompetensi ] Standar kompetensi mencakup beberapa kemampuan dasar yang menjadi acuan standar yang harus dipenuhi dan diterapkan di seluruh negri . dalam proses pembuatan bahan ajar, tugas kita adalah menentukan standar kemampuan yang ingin dicapai siswa. [ Kemampuan Dasar ] kemampuan dasar adalah berbagai kemampuan yang harus dimiliki siswa pada mata pelajaran tertentu, yang dapat digunakan sebagai acuan. [ Indeks prestasi Hasil belajar ] Untuk mendapatkan kemampuan khusus yang akan digunakan sebagai dasar pertimbanagan saat menentukan buku teks yang cocok di masa mendatang. [ Materi pelajaran ] materi utama adalah banyak informasi utama yang mengandung pengetahuan , keterampilan dan nilai-nilai yang di susun sedemikian rupa oleh pendidik agar peserta didik dapat menguasai kemampuan yang telah ditentukan.

2. Analisis sumber belajar,langkah selanjutnnya dalam menganalisis kebutuhan pembelajaran adalah menganalisis sumber belajar, yang penting kita harus memahami terlebih dahulu bahwa kita perlu menganalisis suber belajar yang akan digunakan sebagai bahan persiapan bahan ajar. kriteria untuk menganalisis sumber belajar ini didasarkan pada keseuaian , kegunaan dan kemudahan penggunaannya. Metode analisis sumber belajar yang berkaitan dengan kebutuhan yaitu [ standar kegunaan] [ kriteria kelayakan ] [ standar kenyamanan ]

3. Analisis karakteristik siswa , analisis karakteristik siswa ini bertujuan untuk mengetahui status dan perkembangan siswa, yaitu siswa yang akan menjadi sasaran buku teks . kebutuhan atau motivasi siswa adalah suatu kekuatan yang dapat menghasilkan tingkat antusiasme dan antusiasme yang tinggi untuk kegiatan di dalam dan di luar individu.

4. penetuan dan penetuan bahan ajar , langkah ini di rancang untuk memenuhi salah satu kriteria yaitu buku teks harus menarik dan dapat membatu siswa meningkatkan kemampuannya , berdasarkan pertimbangan tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun