Mohon tunggu...
Wilda Siti Nuraida
Wilda Siti Nuraida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Majalengka

Membaca, mendengarkan musik, dan bermain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

6 Juli 2022   19:26 Diperbarui: 6 Juli 2022   19:34 258 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional sehingga semua orang khususnya pelajar disarankan untuk mempelajari bahasa Inggris. Cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai hal. Biasanya saya belajar berbicara di depan cermin menggunakan bahasa Inggris dalam waktu kurang lebih 10 menit. 

Kita juga bisa melakukan percakapan bahasa Inggris dengan teman yang mendukung untuk berbicara Bahasa Inggris. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat menambah kosakata bahasa Inggris. Dengan banyak membaca berbagai buku, artikel, atau jurnal dalam bahasa Inggris juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Meningkatn kemampuan bahasa Inggris bisa dilakukan dengan aktifitas yang sesuai dengan kesukaan kita. Jika suka menonton film maka Anda harus menonton film dalam bahasa Inggris. Jika mendengarkan lagu makan dengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Kemudian dengan itu Anda akan terbiasa dengan bahasa Inggris.

Selain itu, pastikan Anda membuat jadwal latihan yang produktif. Setiap latihan harus dilaksanakan secara efektif. Jauhi rasa malas agar dapat lebih mudah untuk memahaminya. Misalnya, Anda membuat jadwal berbicara bahasa Inggris setiap 30 menit dalam sehari atau membaca selama 1 jam dalam sehari. Semua orang akan mampu mencapai tujuannya jika dilakukan dengan serius dan sungguh. Maka untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pun harus dilakukan dengan sungguu-sungguh. Optimis merupakan hal yang paling penting kita miliki agar kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan.

Percaya diri merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki ketika ingin meningatkan kemampuan bahasa Inggris. Selain berbicara sendiri di depan cermin, berbicara dengan orang lain pun merupakan strategi yang baik digunakan. Oleh karena itu, Anda harus memiliki sikap percaya diri ketika berbicara bahasa Inggris dengan orang lain. Tentunya ini bertujuan agar tidak takut salah sehingga Anda tidak akan ragu untuk terus berlatih. Pertama, Anda harus mengajak teman yang kemampuan berbicara bahasa Inggrisnya melebihi kemampuan Anda. Kedua, Anda harus mengingat kosa kata baru Anda kemudian catat dan cari maknanya di kamus.

Selanjutnya meniru cara berbicara native speaker. Dengarkan bagaimana native speaker mengatakan sesuatu dan cobalah untuk menirunya. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara memilih video favorit dengan subtitle. Pastikan bahwa video yang kita tonton adalah sesuatu yang kita nikmati karena kita akan senang melakukannya.

Dengarkan berkali-kali. Dengarkan video sekali dan baca subtitle untuk memahami konten dan alur secara umum dengan baik. Kemudian kita bisa memutar ulang untuk mendengarkan lebih jelas lagi bagaimana native speaker tersebut berbicara dan mengucapkan tiap katanya. Berikutnya, saatnya kita menirukan narator kalimat demi kalimat. Putar videonya, dengarkan, berhenti sebentar, kemudian tirukan cara berbicaranya. Ulangi terus langkah tersebut hingga kita bisa menirukannya dengan baik. Jika memilih untuk merekam, kita bisa bandingkan cara berbicara kita dan aslinya. Selain itu, kita bisa dengarkan saja hasil rekaman diri kita sendiri dan evaluasi perbedaan atau kesamaannya. Ulangi langkah ini sampai akhir video.

Di zaman sekarang ini, pasti semua orang mempunyai media sosial. Gunakanlah media sosial Anda untuk hal yang positif seperti meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Anda harus mencoba memiliki grup yang dikhususkan untuk berbicara bahasa Inggris. Dengan begitu Anda akan mengetahui lebih banyak kosa kata bahasa Inggris sehingga Anda akan merasa familiar mendengarnya. Ikuti halaman-halaman di media sosial yang berbahasa Inggris dan berisi peraturan dalam berbicara bahasa Inggris.

Strategi selanjutnya adalah dengan mengikuti acara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Acara ini sangat banyak sekali misalnya acara seminar, talkshow, dan masih banyak lagi. Semua acara dengan bahasa Inggris membantu Anda untuk menjadi pendengar dan penyimak yang baik. Tidak perlu takut tidak paham, Anda bisa merekam semua informasi yang disampaikan dalam acara tersebut. Misalnya memakai smartphone, dan setelah acara selesai Anda bisa memutar rekaman sembari menulisnya dalam catatan. Masukan kata yang tidak dipahami dalam catatan dan dicari artinya. Putar ulang beberapa kali sampai tidak ada kata yang tidak dipahami. Maka jalannya acara akan bisa diikuti karena sudah paham semua yang disampaikan dalam acara tersebut. Semakin sering mengikuti acara dengan bahasa Inggris semakin mudah memahami bahasa Inggris tanpa membuka kamus karena sudah terbiasa dengan aneka jenis kata yang disampaikan dalam acara. Hal ini akan membuat kemampuan bahasa Inggris Anda terus meningkat.

Jika Anda mempunyai smartphone atau laptop, Anda bisa mengubah pengaturan bahasanya ke dalam bahasa Inggris. Manfaatkan perangkat tersebut untuk memaksimalkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Hal ini terbilang efektif, sebab membantu Anda terbiasa dengan notifikasi berbahasa Inggris. Selain itu, Anda akan semakin akrab dengan kata-kata bahasa Inggris, memahami artinya, dan kemudian memberi tanggapan.

Banyaknya media sosial merupakan peluang bagi orang yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Baik itu Instagram, Facebook, Youtube, dan sebagainya bisa dijadikan media untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris. Anda bisa melakukannya dengan menjalin pertemanan lintas negara dan lintas benua. Misalnya mulai subscribe akun-akun youtube dari luar, yang rutin membuat konten, konten mereka dijamin memakai bahasa Inggris, gunakan terjemahan saat menonton videonya. Kemudian, tuliskan komentar dengan bahasa Inggris. Terbiasa menulis komentar seperti ini bagus untuk kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Menulis kosakata bahasa Inggris, kemudian berinteraksi dengan saling membalas komentar dengan orang-orang yang memakai bahasa Inggris dalam keseharian. Perlahan kamu paham bagaimana menulis kalimat yang baik dan benar seperti mereka. Oleh karena itu, hal ini menjadi strategi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang perlu Anda coba.

Strategi-strategi yang tadi sudah dijelaskan merupakan starategi yang bersifat gratis. Anda juga bisa lebih meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan berbayar. Pertimbangkan untuk mengeluarkan biaya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Sehingga mendapatkan dampingan dan bimbingan dari ahlinya. Temukan tempat kursus yang terjangkau dan juga menyediakan tutor yang tidak hanya pintar berbahasa Inggris. Namun juga mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman sehingga bisa belajar bahasa Inggris dengan tenang sekaligus menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan