Mohon tunggu...
Riley Allen
Riley Allen Mohon Tunggu... Penulis

Book is my life

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PMM 95 UMM Mengedukasi Warga Membuat Jamu Herbal

22 Agustus 2020   21:55 Diperbarui: 22 Agustus 2020   21:56 18 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM 95 UMM Mengedukasi Warga Membuat Jamu Herbal
Tim PMM UMM  95 Sedang  mengedukasi  cara membuat dan  membagikan  Jamu  Herbal Vit C Emangi  kepada  warga untuk menigkatkan imunitas  tubuh 

Di era pandemik covid'19 selain pemakaian masker dan handsanitizer, masyarakat Indonesia perlu memiliki imunitas tubuh yang baik agar tidak mudah terserang penyakit. Akan tetapi, fakta dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak warga yang kurang memperdulikan imunitas tubuhnya terutama pada 4 desa daerah Jatim diantaranya Desa Wonokoyo timur kec. Beji kab. Pasuruan , Desa Balongasem Kec. Lengkong Kab. Nganjuk, Desa Kedung Sugo Kec. Prambon Kab. Sidoarjo dan Desa Sumberoto, Kec Donomulyo, Kab Malang. Oleh karena itu mahasiswa PMM UMM yang bimbing oleh Dosen Pembmbing Lapang (DPL) Ibu Nawang Sulstyani, M.Pd  melakukan edukasi kepada masyarakat setempat pada (20/08) dengan membuat jamu herbal Vit-C Emangi.

Jamu herbal Vit-C Emangi ini terbuat dari  beberapa jenis tanaman rempah yang dipercayai mampu menjaga imunitas tubuh. Selain itu jamu herbal inimemiliki aroma yang sangat wangi dan menyegarkan karena terbuat dari bahan alami seperti jeruk nipis, daun kemangi dan serai. Kandungan  jeruk nipis yang kaya akan kandungan Vitamin C, serai dengan sifatnya anti-radang, dan kemangi yang diperkaya anti-oksidan dan nutrisi mampu untuk mengatasi batuk, susah buang air besar, demam, termasuk menurunkan berat badan.

Jamu herbal ini dijamin tak hanya kaya vitamin C namun juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5 hingga zat besi. Minuman herbal yang sebagian bahan dasarnya hasil dari panenan warga seperti serai dan kemangi yang ditanam warga dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah. Proses pembuatan jamu herbal Vit C Emangi ini cukup sederhana dan mudah. Pertama panaskan air yang ditambah dengan jeruk nipis yang sudah dicampur daun kemangi dan serai, setelah air mendidih angkat dan tiriskan kemudian tambahkan sedikit gula.

dokpri
dokpri
Banyak warga sekitar yang antusias untuk membuat jamu Vit C Emangi karena rasanya sangat enak dan menyegarkan. Menurut Ibu Lilik warga Sumberoto menyatakan bahwa "Jamunya sangat enak dan wangi, rasanya mantap dan menyegarkan. Selain itu pembuatannya juga sangat mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya". Dengan adanya program ini, besar harapan dari Tim PMM UMM 95 agar masyarakat dapat membuat jamu herbal alami yang menyehatkan ini dengan mandiri dan diharapkan agar masyarakat selalu menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit di era pandemik covid'19 ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x