Mohon tunggu...
Wildan Hakim
Wildan Hakim Mohon Tunggu... Penyuka kopi dan olah kosakata

Arek Kediri Jatim. Alumni FISIP Komunikasi UNS Surakarta. Pernah menjadi wartawan di detikcom dan KBR 68H Jakarta. Menyelesaikan program master bidang manajemen komunikasi dari Universitas Indonesia pada 2012. Sempat bekerja sebagai konsultan komunikasi untuk PNPM Mandiri Perkotaan. Saat ini mengajar di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta dan menjadi periset untuk Institut Riset Indonesia (INSIS).

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Tips Kredit Mobil di ACC

15 Agustus 2014   20:23 Diperbarui: 18 Juni 2015   03:27 2963 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Kredit Mobil di ACC
1408083649314102563

[caption id="attachment_338179" align="aligncenter" width="640" caption="Hitung beban cicilan kredit mobil dan penghasilan Anda. Sumber foto: www.sidomi.com"][/caption]

Pengajuan kredit mobil saat ini kian mudah. Meski begitu, perusahaan pembiayaan atau leasing tetap selektif dalam meloloskan pengajuan kredit mobil. Untuk pengajuan kredit mobil baru di Astra Credit Company atau ACC ada sejumlah tips yang bisa diikuti.

Uang muka

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat membeli mobil baru adalah ketersediaan uang muka atau biasa disebut dengan down payment alias DP. DP kredit mobil baru, saat ini kian murah. Dengan DP tak sampai Rp20 juta, Anda bisa membeli mobil baru. Hanya saja, dengan DP yang rendah otomatis cicilan mobil Anda akan lebih besar.

Ada baiknya untuk mobil dengan harga kisaran Rp120 juta lebih, uang muka yang disediakan bisa lebih dari Rp25 juta. Tujuannya untuk memperkecil cicilan bulanan. Dengan cicilan bulanan yang lebih kecil, maka beban Anda akan terasa lebih ringan.

Saat membeli Daihatsu Xenia Li pada 2011 lalu, saya menyediakan uang muka sebesar Rp27 juta. Ini sesuai saran dari Sales Supervisor Astra Daihatsu Pondok Pinang Gunawan. “Kalau uang mukanya besar, otomatis peluang disetujuinya kredit mobil juga besar. Sebab, pihak ACC menilai si calon debitur memiliki cukup dana,” paparnya kepada saya.

Dengan uang sebesar Rp27 juta pula, maka cicilan mobil saya per bulannya tidak sampai Rp3 juta. Hanya berkisar Rp2,9 juta. Dengan begitu, beban cicilan tidak terasa berat dan sehingga berpeluang besar untuk bisa menyelesaikan cicilan dalam waktu empat tahun.

Bila Anda membutuhkan gambaran riil soal besaran cicilan mobil sesuai dengan harganya, klik saja www.acc.co.id. Pada tampilan awal website, klik saja credit simulation. Selanjutnya, Anda tinggal mengisi form isian dan ikuti saja langkahnya.

Pastikan dealernya

ACC merupakan perusahaan pembiayaan satu grup dengan Astra. Di bidang produksi dan distribusi mobil, Grup Astra mengelola beberapa merek mobil ternama di Indonesia dua di antaranya ialah Toyota dan Daihatsu. Penjualan mobil merek Daihatsu dilakukan oleh dealer Astra Daihatsu dan untuk merek Toyota dilayani melalui dealer utamanya Auto 2000.

Bila Anda membeli mobil secara kredit di dealer yang masih satu grup dengan Astra, sudah pasti akan diarahkan untuk mengajukan kredit mobil melalui ACC. Bagi saya ini tentu pilihan yang praktis. Selain lebih meyakinkan, konsumen juga akan lebih mudah dilayani, dan peluang diloloskannya pengajuan kredit mobil makin besar. Para sales mobil di grup Astra juga pasti lebih senang mengurus pengajuan kredit mobil para konsumen ke ACC.

Persiapan disurvei

Survei kelayakan konsumen menjadi tahapan penting dalam pengajuan kredit mobil. Ada beberapa hal yang disurvei. Pertama, status pekerjaan pembeli. Kedua, status tempat tinggal pembeli. Ketiga, tingkat penghasilannya.

Sebelum pengecekan dilakukan, pihak ACC akan memeriksa sejumlah dokumen yang harus diserahkan calon pembeli mobil. Nah, rincian dokumen yang harus diserahkan ini bisa dilihat pada gambar berikut ini.

[caption id="attachment_338177" align="aligncenter" width="576" caption="Dokumen yang harus diserahkan saat pengajuan kredit mobil ke ACC. Sumber foto: www.acc.co.id"]

140808354553131630
140808354553131630
[/caption]

Berdasarkan dokumen tersebut, ACC akan mengecek langsung keberadaan calon pembeli. Untuk calon pembeli yang berstatus karyawan, ACC akan menelepon kantor dimana karyawan bekerja.

Berikutnya, ACC akan mengecek apakah betul si calon pembeli tinggal di alamat yang tercantum sesuai KTP. Sebisa mungkin pada saat pengecekan tempat tinggal ini, ada orang atau saudara yang berada di rumah. Tujuannya untuk mempermudah dan memperlancar si surveyor (orang yang melakukan pengecekan) saat berkunjung ke rumah.

Pemeriksaan tingkat penghasilan bertujuan untuk memastikan bahwa si calon pembeli mobil sanggup mencicil sisa pembayaran harga mobil sesuai kesepakatan. Kalau cicilannya Rp3 jutaan per bulan, pastikan dulu gaji atau penghasilan Anda dua kali lipat dari beban cicilan. Akan lebih ringan jika pasangan Anda (istri/suami) juga bekerja sehingga ada dua sumber penghasilan.

Membayar cicilan

Kemudahan kredit mobil yang diberikan ACC juga dibarengi dengan kemudahan membayar cicilannya. Jika kredit mobil Anda sudah disetujui itu artinya Anda dipercaya ACC sebagai debiturnya. Jaga dengan baik kepercayaan itu dengan membayar cicilan tepat waktu. Bila terlambat ada sanksi berupa denda harian. Besaran denda disesuaikan dengan besaran cicilan bulanan.

Nah, untuk membayar cicilan, biasanya saya melakukannya melalui ATM BCA. Cukup mudah prosesnya. Anda tinggal pencet menu PEMBAYARAN lalu pilih menu PINJAMAN dan pilih ACC. Setelah itu, Anda diminta memasukkan nomor kontrak kreditnya. Sangat mudah dan cepat.

Baca juga tulisan saya sebelumnya:

Punya Mobil dalam Dua Minggu

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x