Mohon tunggu...
Wiki Fauji
Wiki Fauji Mohon Tunggu... human.

Suka nulis tapi aneh.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Pentingnya Kesadaran akan Kesehatan Mental

7 Mei 2021   07:58 Diperbarui: 7 Mei 2021   08:29 97 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Kesadaran akan Kesehatan Mental
Gambar: Freepik.com

Mei adalah bulan kesadaran kesehatan mental yang dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1949 oleh Organisasi kesehatan mental Amerika Serikat (MHA). Kesehatan mental sering dilupakan karena kebanyakan orang hanya fokus pada kesehatan fisik saja. Padahal, keduanya sama-sama penting.Di Indonesia, kesadaran akan pentingnya kesehatan mental masih minim. Pada tahun 2017, Indonesia berada di ranking bawah dalam masalah penanganan kesehatan jiwa dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya karena kurangnya jumlah Psikiater.

Menurut laporan Human Rights Watch, bahwa di berbagai daerah di Indonesia, kondisi kesehatan jiwa seseorang khususnya bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dipercaya berasal dari kerasukan roh jahat, karena menjadi pendosa, melakukan perbuatan amoral, atau juga kurang iman. Karena kurangnya fasilitas layanan medis juga kemiskinan di Indonesia, pengobatan tradisional seperti pergi ke dukun dan pengobatan keagamaan menjadi pengobatan alternatif dimana mereka akan dipasung.

Beberapa alasan kenapa kesehatan mental itu penting adalah seperti dapat menurunkan resiko gangguan kecemasan, terkontrolnya suasana hati, meningkatkan kesejahteraan, dan mencegah datangnya penyakit.

Masyarakat Indonesia perlu meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental. Edukasi dan sosialisasi akan hal ini penting untuk mengubah pandangan terhadap orang-orang dengan gangguan jiwa. Pada dasarnya,mereka juga manusia sama seperti kita dan merupakan tanggung jawab kita sebagai masyarakat untuk saling peduli satu sama lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x