Mohon tunggu...
Wikan Widyastari
Wikan Widyastari Mohon Tunggu... A proud mom of 3

Ibu biasa yang bangga dengan 3 anaknya. Suka membaca, menulis,nonton film, berkebun.

Selanjutnya

Tutup

Film

"You", Kengerian di Balik Wajah Tampan Tanpa Dosa

28 Oktober 2020   15:05 Diperbarui: 28 Oktober 2020   15:11 102 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"You", Kengerian di Balik Wajah Tampan Tanpa Dosa
Sumber gambaer: insider.com

Bagi anda yang suka menonton serial TV Gossip Girl, anda tentu tak asing lagi dengna Penn Badgley yang berperan sebagai  Dan Humprey. Di serial Psikology Thriller berjudul YOU ini, dia berperan sebagai Joe Golderg, seorang menejer  toko buku. Sekilas, tak ada yang hal aneh pada dirinya. Seorang laki-laki yang tampan yang pendiam. Pada beberapa scene diperlihatkan bahwa dia memiliki belas kasihan dan membantu tetangga kecilnya Paco yang mendapat kesulitan dan kekerasan dari ayah tirinya. Joe adalah gambaran tetangga sebelah yang baik hati.

Cerita berawal ketika Joe jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Beck. Seorang penulis yang sedang mencoba menapaki karirnya dan memiliki masalah serius dengan keuangannya. Ketegangan mulai dibangun, ketika Joe mulai melakukan hal tak masuk akal dengan stalking Beck melalui semua platform media sosial Beck. Lalu mulai menguntitnya dan cerita berkembang dengan Joe mulai menyingkirkan dan membunuh siapa saja yang dia anggap menghalangi jalannya untuk mendapatkan Beck. 

Joe Goeldberg adalah seorang psikopat, atau tepatnya pengidap mental ilness obsessive love dan erotomania. Erotomania adalah suatu gangguan mental delusi, dimana seseorang merasa yakin dia dicintai atau ditaksir seseorang padahal kenyataannya belum tentu. Manifestasi dari perasaan ini bisa sangat mengganggu pada orang yang dianggap mencintainya. Karena penderita erotomania bisa terobsesi pada orang tersebut. Gangguan yang ditimbulkan bisa bermacam-macam: misal mengirim surat, menelpon, merasa cemburu terus-terusan. 

Penerita erotomani akan kehilangan minat terhadap hal-hal lain dan hanya memikirkan dan membicarakan orang yang dicintai.  Joe Goldberg, sosok tampan nan innocence di awal cerita ini perlahan berubah menjadi sosok yang menakutkan. Saking bagusnya Penn Badgley memerankan tokoh ini, rasanya, saya mulai merasakan bahwa memang wajahnya yang tampan agak-agak terasa aneh dan menakutkan. Dengan latar belakang narasi dari Joe Goldberg sendiri, kengerian dibangun setahap demi setahap dan memang terasa mencekam.

Joe pada akhirnya bisa memiliki Beck, setelah membunuh beberapa orang yang dekat dengan Beck. orang-orang yang dianggap akan menghalanginya dari memiliki Beck. Pada awalnya saya sempat berpikir bahwa mungkin Joe akan menjadi normal kembali setelah memiliki Beck. Happily ever after. Dia menghancurkan HP Beck, dan berhenti stalking Beck. Tapi ternyata cerita belum selesai. Seorang pengidap obsessive love akan sangat peka dengan perubahan sekecil apapun dari pasangannya. Dia sangat pencemburu dan tak bisa menerima penolakan. Cintanya tidak berdasar kasih sayang dan negosiasi, namun menuntut ketaatan mutlak padanya. Ujungnya adalah kekerasan, pelecehan dan akhirnya. Jadi milikku, atau mati. Well, Beck akhirnya mati di tangan Joe.

Saya jadi ingat pada beberapa kasus yang saya baca, dan mereka pada pengidap psikopat ini, ternyata memang memiliki wajah tampan nan manis yang mudah membuat orang jatuh hati. Jadi buat para gadis, berhati-hatilah,...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x