Membangun Generasi Digital yang Berkompeten dan Beretika. Inilah kisah Omjay kali ini di Kompasiana tercinta.
Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi kita untuk mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan memperkenalkan konsep koding dan kecerdasan artifisial (KA) sejak dini.
Fase C: Membangun Dasar
Pada fase C, yang mencakup kelas 5-6 SD, siswa mulai diperkenalkan dengan konsep dasar berpikir komputasional dan literasi digital. Mereka belajar tentang pemecahan masalah sederhana, pemrograman tingkat dasar, dan keamanan informasi pribadi. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan konsep KA dan etika penggunaannya.
Fase D: Mengembangkan Keterampilan
Pada fase D, yang mencakup kelas 7-9 SMP, siswa memperdalam keterampilan mereka dalam berpikir komputasional dan literasi digital. Mereka belajar tentang pengelolaan data, pemecahan masalah masyarakat sederhana, dan algoritma tingkat dasar. Selain itu, mereka juga belajar tentang produksi dan diseminasi konten digital.
Fase E: Meningkatkan Kompetensi
Pada fase E, yang mencakup kelas 10 SMA/SMK, siswa meningkatkan kompetensi mereka dalam berpikir komputasional dan literasi digital. Mereka belajar tentang algoritma tingkat menengah, pemrograman tingkat menengah, dan analisis data. Selain itu, mereka juga belajar tentang literasi dan etika KA.
Fase F: Menguasai Teknologi
Pada fase F, yang mencakup kelas 11-12 SMA/SMK, siswa menguasai teknologi digital dengan lebih mendalam. Mereka belajar tentang himpunan dan struktur data kompleks, engineering process, dan analisis data tingkat lanjut. Selain itu, mereka juga belajar tentang pemanfaatan dan pengembangan KA.