Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kisah Omjay dan Keluarga

27 November 2022   14:22 Diperbarui: 27 November 2022   15:19 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keluarga adalah harta yang termahal. Begitulah apa yang Omjay rasakan. Anda boleh setuju dan boleh saja tidak. Namun, bagi Omjay keluarga adalah harta yang termahal. Kita wajib menjaganya dengan baik.

Banyak orang meninggalkan keluarganya untuk menjemput rezekinya.  Mereka pergi subuh dan pulang isya. Semua itu dilakukannya untuk keluarga. Mereka berharap apa yang dilakukannya dapat memberi makan dan minum keluarga.

Omjay menikah tahun 1998 di kota Bandung. Omjay meminta istri untuk berhenti bekerja. Sebab sudah punya  anak dua. Pertama Intan dan kedua Berliana. Tak perlulah istri harus bekerja. Cukup Omjay saja yang bekerja untuk keluarga.

Tak terasa pernikahan ini sudah masuk usia 24 tahun. Sebuah usia yang cukup lama dalam membina rumah tangga. Awalnya agak susah mempertemukan pemikiran istri, namun akhirnya bertemu juga. Kita jalankan berdua dalam suka dan duka. Tak terasa sudah punya anak dua yang sudah bisa membeikan nasehat untuk ayah dan ibunya.

Intan sudah bekerja di Traveloka dan Berliana masih kuliah di UNISBA Bandung. Berlian bercita-cita menjadi seorang jaksa. Omjay dan istri hanya mengaminkan saja.

Biaya kuliah Alhamdulillah selalu ada. Semua buku sudah dibelinya. Tinggal belajar tekun dalam menempuh cita-cita. Alhamdulilah selalu ada rezeki untuk biaya kuliah mereka.

Om Budiman Hakim mengingatkan Omjay untuk ikut membuat buku antologi keluarga. Omjay baru sempat menuliskannya. Itupun sambil menerima tamu dari Wanaraja Garut Jawa Barat.

Omjay sudah berjanji dan janji itu harus Omjay tunaikan hari ini.

Membina keluarga yang sakinah dan mawadah tidaklah mudah. Peran ayah sangatlah penting dalam keluarga. Ayah harus menjadi contoh buat anak-anak dalam keluarga.

Di rumah Omjay selalu berusaha memberikan contoh yang baik. Salah satunya adalah memberi contoh agar kuliah sampai jenjang S3. Tidak mudah dalam mendapatkan jenjang akademik yang tinggi. Namun, bisa dilakukan kalau kita mau berusaha untuk mewujudkannya. Anak dan istri sangat mendukungnya. Alhamdulillah Omjay sudah di wisuda UNJ di Sentul internasional convention center beberapa waktu lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun