Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bagaimana Merencanakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan?

1 Agustus 2022   07:04 Diperbarui: 1 Agustus 2022   11:13 323 22 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang kawan guru bertanya kepada Omjay. Bagaimana merencanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan?

Untuk bisa melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, maka kita harus merencanakan terlebih dahulu. Seperti sutradara film. Sebelum film dibuat, maka ada skenario film yang dibuat oleh penulis skenario film. Skenario ini diperlukan untuk membantu para artis dan aktor film memainkan perannya masing-masing.

Dokpri 
Dokpri 

Seorang guru seharusnya mempunyai skenario pembelajaran. Membuat sebuah perencanaan pembelajaran adalah hal yang biasa dilakukan oleh seorang guru. Namun banyak yang belum tahu bagaimana membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Dokpri 
Dokpri 

Guru perlu mengetahui langkah-langkah nyata dalam membuat perencanaan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Guru dan siswa menemukan hal-hal yang menarik dari setiap pertemuan. Adanya modul pembelajaran yang dibuat guru terlebih dahulu akan sangat membantu guru dalam menyampaikan materinya.


Sebenarnya membuat perencanaan pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah. Ada banyak contoh yang bisa digunakan. Salah satunya bisa menggunakan template perencanaan pembelajaran yang ada di aplikasi Canva. Para guru bisa menggunakan dan berkolaborasi dengan guru lainnya secara langsung. Jangan lupa untuk membaca buku yang dituliskan orang lain untuk menambah pengayaan guru dalam menyampaikan materi.

Dokpri 
Dokpri 

Guru bisa melihat bermacam-macam perencanaan pembelajaran dan menggunakannya. Bahkan guru bisa membuat langsung dari nol dan bisa digunakan untuk guru lainnya. Jangan lupa kasih kesempatan siswa untuk banyak bertanya. Ajak siswa untuk menyampaikan pertanyaan yang menarik untuk dijawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan