Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Lindungi Anak Berkebutuhan Khusus

23 Juli 2022   06:21 Diperbarui: 23 Juli 2022   06:37 261 22 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kemarin sekolah kami mengadakan kegiatan expo ekskul. Ada 24 ekskul membuka stand. Rekaman videonya sudah Omjay upload ke channel YouTube wijayalabs. Inilah bukti bahwa semua anak punya potensi. Termasuk juga anak berkebutuhan khusus atau ABK.

Sekolah kami menerima ABK. Baik jalur prestasi maupun jalur tes mandiri. pengalaman Omjay mengajar ABK adalah kita memang harus sabar dan melindungi mereka dengan kasih dan sayang. Butuh kesabaran dalam membimbing dan mendidik mereka.

Pernah ada siswa ABK yang setiap harinya bikin kesel guru di sekolah. Namun kami menghadapinya dengan senyuman dan lapang dada. Kita harus ramah kepada mereka dan tidak mudah marah.

Ajak ABK bisa dan dengarkan apa yang mereka inginkan. Komunikasi yang baik dengan orang tua siswa ABK juga sangat diperlukan sehingga kita sebagai guru tahu apa yang ingin mereka lakukan. Jadian mereka profil pelajar pancasila yang mampu menjadi teladan bagi sesama.


Lindungi anak berkebutuhan khusus. Apalagi setiap tahun kita merakan hari anak nasional yang tahun ini jatuh pada tanggal 23 Juli 2022. Semua anak memiliki potensi dan kita harus bisa menyalurkan minat dan bakat mereka di tengah keterbatasan yang dimilikinya.

ABK itu ada yang pendiam tapi juga ada yang gak bisa diam. Cara menghadapi anak ABK yang tidak bisa diam adalah guru saling bekerjasama dalam melayani ABK ini. Setiap guru diberi arahan oleh guru BK dan pimpinan sekolah untuk memperhatikan ABK dengan pelayanan terbaik.

Alhamdulillah semua siswa ABK di sekolah kami lulus dengan nilai terbaiknya. Mereka melanjutkan pendidikan ke SMA yang dipilihnya. Bahkan sudah ada yang menjadi alumni perguruan tinggi dan bekerja. Mereka menjadi orang yang profesional di bidangnya masing-masing.

Memang tidak mudah menghadapi siswa ABK. Namun bisa dilakukan kalau semua guru mau menjadi guru tangguh berhati cahaya. Mau terus belajar dan memahami bahwa semua anak adalah bintang. Semua anak adalah juara. Guru harus memberi mereka kesempatan untuk menjadi sang juara.

Mari kita lindungi anak berkebutuhan khusus. Terima mereka apa adanya. Lakukan proses pembelajaran dengan menyenangkan. Buat mereka senang dan menjadikan sekolah menjadi rumah kedua. Hubungan keluarga yan harmonis di rumah dan pelayanan terbaik di sekolah membuat ABK menemukan potensi yang ada dalam dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan