Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

13 Juli 2022   14:01 Diperbarui: 13 Juli 2022   14:05 631 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam website https://bpip.go.id/telah dituliskan bahwa Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Profil pelajar Pancasila tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Oleh karena itu, dalam kurikulum merdeka, semua guru harus mampu mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah, guru harus tahu dulu apa itu Profil Pelajar Pancasila. Kalau semua guru sudah tahu, maka guru semua mata pelajaran akan bergotong royong dan saling berkolaborasi dalam membuat proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Inilah salah satu hal baru yang sedang dikembangkan dalam kurikulum merdeka. Hal itu juga yang telah dilakukan BPIP dengan memberikan materi Profil Pelajar Pancasila kepada siswa dan guru di SMPN 95 Jakarta yang dapat anda baca di

https://www.silanews.com/nasional/pr-2093867720/bpip-berikan-pembekalan-profil-pelajar-pancasila-di-smpn-95-jakarta

Guru harus lebih jeli dan kreatif dalam melihat minat dan bakat siswa. Siswa harus menjadi manajer dalam belajar, dan saat itu guru harus mampu menjadi fasilitator, mediator, organisator, dan lainnya untuk siswa berkemajuan.

Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti yang telah dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Adapun penjelasan dari 6 profil pelajar Pancasila yaitu sebagai berikut:

Pertama adalah Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa dan agama yang dianutnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan