Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Jadilah Guru yang Menginspirasi

26 November 2021   06:00 Diperbarui: 26 November 2021   14:54 312 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jadilah guru yang menginspirasi. Itulah pesan seorang kawan yang baik hati. Saya membaca pesannya sambil sarapan pagi. 

Tidak mudah menjadi guru yang menginspirasi. Sebab guru harus memberikan keteladanan. Guru harus mampu memberikan contoh yang baik untuk anak didiknya. Pepatah mengatakan, guru kencing berdiri, murid kencing berlari.

Selama puluhan tahun menjadi guru, saya belum menjadi guru yang menginspirasi. Walaupun berbagai prestasi sudah saya raih. Saya merasakan belum menjadi guru yang menginspirasi. 

Masih banyak kekurangan dalam diri ini yang harus dibenahi. Saya pernah mendapatkan surat teguran dari pak Ali. Kepala sekolah kami yang baik hati. Saya terus membenahi diri agar menjadi guru yang menginspirasi.

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Saya mulai menata diri menjadi guru yang menginspirasi. Guru yang dapat memberikan contoh yang baik dan guru yang dirindukan oleh peserta didiknya.

Itulah titik balik perjalanan karir saya menjadi guru tangguh berhati cahaya. Tahun 2009 saya mulai bangkit dan mengajak diri ini untuk menjadi guru yang berprestasi.

Satau demi satu prestasi diraih. Mulai dari juara pertama lomba blog pusat bahasa, sampai terpilih menjadi salah satu p3manang naskah buku pengayaan. Buku yuk kita ngeblog untuk siswa SMP terpilih menjadi juara pertama. Saya mendapatkan hadiah sebesar Rp. 20.000.000 dari pusat perbukuan Depdiknas dan di hari guru nasional 2009 saya mendapatkan hadiah lomba blog sebesar Rp. 7.500.000 dari pusat bahasa Depdiknas. Dalam sebulan saya mendapatkan uang sejumlah Rp. 27.500.000.

Mulai saat itu saya fokus menjadi guru blogger Indonesia. Ternyata menulis di blog bukanlah pekerjaan yang sia-sia. Banyak pemasukan tambahan setelah saya menulis di blog. Inspirasi menulis seringkali saya dapatkan dari peserta didik saya di Labschool Jakarta yang luar biasa. Saya belajar dari mereka yang akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Saya bersyukur kepada Allah mendapatkan rezeki yang tak terduga datangnya. Uang sebanyak itu bagi saya sangat besar sekali. Gaji saya sebagai guru tidak sebesar itu. Mulai saat itu saya mengajak guru-guru untuk menulis di blog. Kami membentuk komunitas sejuta guru ngeblog yang disingkat ksgn.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan