Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

YPTD Terbitkan Buku Bayar Seikhlasnya, Menerbitkan Buku Bermutu

19 Agustus 2021   08:15 Diperbarui: 19 Agustus 2021   08:19 319 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dari Website YPTD Terbitkan Buku Bermutu. Awalnya gratis, kini bayar seikhlasnya. Harapannya, semakin banyak kawan yang mendapatkan mahkotanya. Tanpa harus keluar biaya cetak yang cukup mahal dan Ber-ISBN pula.

Semenjak setahun berdiri, Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) telah menerbitkan ratusan buku. Semua tulisan di buku terbitan YPTD ada dalam website https://terbitkanbukugratis.id. Dari sinilah lahir buku buku bermutu dan setiap penulis mendapatkan mahkotanya.

Buku adalah mahkota seorang penulis. Perlu kerja keras dan kerja cerdas untuk mendapatkannya. Dulu saya dibantu almarhum Bapak Dian Kelana. Beliaulah yang membantu saya menerbitkan buku di kala sakit.

Namun, takdir Allah memisahkan kita. Beliau wafat pada 1 Januari 2021. Segenap keluarga YPTD turut berduka cita. Saya sendiri sangat kehilangan beliau. Jarang ada relawan yang mau berbagi ilmu dan pengalamannya kepada kita semua.

YPTD sekarang ini memerlukan banyak relawan. Tidak hanya membantu dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain. Kita saling bergotong royong mewujudkan mimpi kawan-kawan yang belum menerbitkan buku.

Cover buku yang indah dibuat oleh pak Ajinata. Sudah ratusan buku beliau buat disain covernya. Semoga ada relawan lainnya di YPTD bisa seperti beliau.

YPTD juga memerlukan editor. Supaya buku yang terbit terjaga kualitasnya. Perlu kolaborasi antar penulis. Ibu Kanjeng kabarnya sudah menawarkan diri menjadi editor YPTD.

Pengalaman menerbitkan buku di YPTD itu tidak ada biaya sama sekali alias gratis. Namun, seiring waktu berjalan, menjadi bayar seikhlasnya. Dengan harapan kawan kawan penulis ikut menjaga YPTD dan membantu biaya operasional penerbitan buku.

Saran saya, bila dirasa biaya cetak dilangganan YPTD mahal, pindahlah ke percetakan lain yang tak kalah mutunya. Kecuali bila memang sudah ada kontrak kerjasama saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

Kita juga memerlukan relawan yang membantu kawan kawan memposting tulisan di website. Perlu adanya tim admin website yang solid. Sehingga tulisan di wa group bisa terpublikasi juga di website YPTD.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan