Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Puasa Ramadhan Hari Kesembilan

21 April 2021   23:44 Diperbarui: 22 April 2021   00:06 453
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Puasa Ramadhan hari kesembilan

Barusan mang Ujang tukang sekoteng langganan lewat depan rumah. Kami hanya saling menyapa saja. Saya tak membeli sekoteng seperti biasanya. Saya sedang mengurangi makanan dan minuman manis. Makan kolak juga tidak saya makan.

Puasa Ramadhan hari kesembilan ini membuat saya merasakan haus dan lapar. Inilah yang dirasakan oleh si miskin. Hari ini benar benar saya rasakan. Derita si miskin yang kelaparan.

Saat berbuka saya juga tak ingin buru buru makan. Istri memberikan saya segelas air putih hangat. Enak sekali mengalir ke tenggorokan yang sedang terserang batuk ini.

Seharian ini banyak kesibukan yang saya lakukan di hari Kartini. Pagi pagi sudah memeriksa tugas anak anak di blog mereka. Kemudian mengajar 4 kelas seperti biasa. Kami menggunakan aplikasi zoom. Rasanya kangen ingin bertemu mereka secara langsung.

Usai mengajar saya sempatkan ke bank BNI dekat rumah. Istri meminta saya untuk segera mengaktifkan kembali mobile banking. Biar gampang kalau transfer ke sana kemari. Jadi tidak perlu lagi ke ATM yang jauh dari rumah.

Satpam bank BNI meminta saya untuk balik kembali besok. Masih banyak nasabah yang harus dilayani. Waktunya tidak cukup kalau saya menunggu. Sebab jadwal kerja mereka hanya sampai pukul 13.00 wib.

Dengan terpaksa saya kembali ke rumah. Kemudian saya mampir ke Alfamidi untuk menarik uang di ATM. Istri minta tambahan uang belanja yang sudah habis.

Ramadhan tahun ini kami lebih banyak di rumah saja. Istri minta didampingi membaca Al Qur'an. Bacaannya masih ada sedikit yang salah. Saya betulkan bacaannya.

Saya membuka email dan banyak kawan kawan guru belum sempat dibuatkan kata pengantar bukunya. Sementara itu saya harus membuat artikel untuk puslitjak Kemdikbud. Mereka meminta saya untuk berbagi pengalaman mengajar coding.

Untunglah saya sudah terbiasa menulis. Artikel sudah saya kirimkan dan besok Kamis pagi tinggal presentasi saja. Tinggal mikir bagaimana caranya agar tugas mengajar tidak ditinggalkan. Semoga bisa pakai 2 laptop. Satu untuk mengajar dan satunya lagi untuk acara Kemdikbud. Semuanya harus dijalani agar bisa berjalan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun