Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menciptakan Pola Pembelajaran dari Rumah Bersama Omjay

12 Oktober 2020   08:48 Diperbarui: 12 Oktober 2020   09:36 192 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menciptakan Pola Pembelajaran dari Rumah Bersama Omjay
buku menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah (dokpri)

Menciptakan Pola Pembelajaran Yang Efektif Dari Rumah            

Bapak Ibu yang budiman, Om Jay kali ini tampil kembali untuk memberikan pencerahan dan berbagi pengalaman tentang Bagaimana Pola Pembelajaran Yang Efeftif dari Rumah. Sebenarnya yang memberikan materi ini adalah bapak Munif Chatib. Namun, karena beliau berhalangan hadir, omjay diminta untuk menggantikkannya di WA Group Guru Menulis PGRI.

Pada kesempatan ini, Om Jay memberikan contoh kegiatan dari rumah seperti kegiatan Isra Miraj Virtual SMP Labschool Jakarta. Seperti  yang terdapat pada video berikut:


Om Jay juga menunjukkan kegiatan dari rumah seperti terdapat pada link kompasiana

Ditulis oleh Bapak Isar Dasuki Tasim , Guru SMA Teluknaga Tangerang yang pernah aktif sebagai anggota FKPPI, Pengurus DPD KNPI di Kabupaten Tangerang dan Propinsi Banten, Andalan Kwarcab Kabupaten Tangerang, terakhir Pengurus PGRI Kabupaten Tangerang. Berikut isi tulisan Bapak Isar Dasuki Tasim . Omajy mengutipnya sedikit saja.

"Awal maret Presiden Jokowi menyampaikan tentang adanya pasien yang positif korona. Pasien tersebut merupakan Ibu dan Anak yang dirawat di RS Suroso, sebenarnya Pasien tidak tahu apakah terkena korona atau tidak, sebab yang dia rasakan hanya deman dan batuk pilek biasa. 

Namun peristiwa tersebut membuat Bangsa Indonesia mulai waspada terhadap virus yang mematikan ini. Ternyata virus ini cepat sekali menyebarnya dan berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia. Anak-anak yang biasa belajar dari sekolah, terpaksa harus belajar dari rumah. Kawan-kawan guru dipaksa untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah.

Saya sendiri mengadakan lomba blog dan alhamdulillah ada 48 orang guru yang mengirimkan tulisannya dan berbagai pengalamannya dalam menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah.

Mohon izin saya bagikan promosi bukunya. Rencana buku ini akan kami berikan juga ke mendikbud Republik Indonesia bapak Nadiem Makarim. Buku ini juga ada kata sambutan dari dirjen GTK dan PAUD-DIKDASMEN Kemdikbud. Juga kata sambutan dari Mendikbud di era presiden Suharto, yaitu bapak Prof. Wardiman Djojonegoro..

Dari peristiwa pandemi covid-19 ini, sangat berpengaruh pada kegiatan Pendidikan di negera kita, mulai pertengahan bulan Maret 2020 di beberapa daerah khususnya Propinsi DKI jakarta, mengharuskan guru dan peserta didik belajar di rumah. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membatalkan pelaksanaan UNBK yang rencana akan di hapuskan pada tahun 2021, karena Covid-19, terpaksa pada tahun ini UN di hapuskan, untuk melindungi guru dan peserta didik dari penyebaran virus corona. 

Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk belajar di rumah. Bagaimana Pola belajar efektif dari rumah dapat di lakukan. Banyak aplikasi yang menawarkan pembelajaran daring, mulai dari rumah belajar, ruanggguru yang ditawarkan, dll namun guru-guru baru familier dengan google class room. Efektifkah pembelajaran tersebut ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN