Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Bagaimana Mengelola Pembelajaran Adaptif, Fleksibel, dan Akomodatif di Masa Pandemi Covid-19?

7 September 2020   18:50 Diperbarui: 7 September 2020   18:59 444 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Mengelola Pembelajaran Adaptif, Fleksibel, dan Akomodatif di Masa Pandemi Covid-19?
Strategi Adaptasi Pembelajaran/dokpri

Bagaimana Mengelola Pembelajaran Adaptif, Fleksibel, dan Akomodatif.

Oleh: Wijaya Kusumah

Senin,  7 September 2020 pukul 08.00 wib,  saya membuka siaran ulang kegiatan webinar kemdikbud episode 8 di youtube.com. Wow webinarnya bagus sekali dan direkam dengan durasi 2 jam 59 menit 34 detik.

Anda dapat menontonnya di:


Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu padamu negeri dan lagu-lagu daerah yang memikat hati. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pesan mas menteri Nadiem Makarim. Kita yang berada di zona merah seperti di Jakarta, sebaiknya menggunakan pembelajaran daring. Pembelajaran tatap muka di kelas dengan terpaksa kita hindari dulu. Ada banyak kebaikan bila kita belajar dari rumah. Sekecil apapun kebaikan dapat berdampak besar buat orang lain. Pesan penting ini yang nampaknya ingin disampaikan dalam webinar series.

Cerdas berkarakter Kemdikbud RI adalah webinar yang dilaksanakan oleh Pusat Penguatan Karakter, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Video dibuat dari video animasi yang bagus sekali. Terus terang saya sangat suka dengan animasi yang dibuatnya. Juga para narasumber yang diundang untuk menyampaikan materinya.

Iklan yang sangat berkesan buat saya adalah tentang rumah belajar kemdikbud. Kelas maya bisa diikuti secara online dengan berbagai fitur yang menarik. Kita bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Rumah belajar kemdikbud bisa menjadi salah satu solusi dalam  ikut mengelola pembelajaran adaptif, fleksibel, dan akomodatif.

Ada cuplikan video animasi yang membuat saya bangga dengan anak Indonesia. Seorang siswa yang putus sekolah dapat kembali ke sekolah berkat informasi yang disampaikan siswa tersebut. Juga seorang anak kost yang dibantu temannya untuk dibelikan masker dan makanan berbuka puasa. Inilah saat tepat kita bergotong royong mengamalkan pancasila.

Iklan tentang pandemi covid-19 juga tak lupa disisipkan sehingga video rekaman siaran ulang ini sangat padat dengan pesan penting. Videonya sangat enak ditonton dan kita senang berlama-lama berada di dalamnya. Banyak pengetahuan baru kita dapatkan.

Fitur mobile rumah belajar juga ada karya untuk guru loh. Jadi guru Indonesia bisa ikut berpartisipasi dalam membuat konten pembelajaran yang menarik, kreatif, sekaligus adaptif,  fleksibel, dan akomodatif.

Para pejabat di kemdikbud juga ikut menjadi narsumnya.  Materi yang menarik adalah tentang strategi adaptasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang disampaikan oleh ibu Susan dari pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang Kemdikbud. Beliau menggantikan pak Totok kepala Balitbang Kemdikbud.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN