Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membangun Labschool sebagai Center of Excellent

22 Juli 2020   06:46 Diperbarui: 22 Juli 2020   06:56 344 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Labschool sebagai Center of Excellent
labkom smp labschool jakarta

Membangun Labschool sebagai Center of Excellence dalam menjawab Tantangan Global dalam Memasuki Era Disrupsi

Oleh: Wijaya Kusumah

Membaca surat Badan Pengelola Sekolah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta Labschool, nomor: 356/YP-UNJ/BPS/TU/2020, perihal pemberitahuan perpanjangan waktu pendaftaran calon kepala sekolah, membuat saya berpikir untuk menuangkan ide ide saya ke dalam tulisan ini.

Tema yang diminta dalam membuat makalah sangat menarik.  Ada 4 sub tema yang ditawarkan yaitu:

1. Mentransformasikan sistem pendidikan yang menjawab tantangan kecakapan abad 21.

2. Menyiapkan dan menterjemahkan sistem pendidikan di Era Digital

3. Strategi dan inovasi Sekolah Labschool dalam mempersiapkan peserta didik yang siap untuk bersaing sebagai pekerja profesional di abad 21.

4. Menjawab tantangan standarisasi Global Education Reform (GERM) yang memfokuskan pada standarisasi pada beberapa subjek: literasi dan numerasi yang diteskan pada PISA,  TIMSS and PIRL.

Saya sempat merenung dan membaca kalimat demi kalimat dalam surat. Makalah yang dipresentasikan harus sesuai dengan tema "Membangun Labschool sebagai Center of Excellence dalam menjawab tantangan Global dalam memasuki Era Disruptif".


Bagus sekali tema yang diminta panitia seleksi kepala sekolah Labschool Jakarta dan Kebayoran. Kening saya berkerut dan otak saya mulai bekerja mencari kalimat yang pas dan jelas sehingga tulisan ini menjadi bernas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x