Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Selamat Hari Kebangkitan Blogger Indonesia

20 Mei 2020   23:12 Diperbarui: 20 Mei 2020   23:16 27 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat Hari Kebangkitan Blogger Indonesia
guru inspiratif | dokpri

Selamat Hari Kebangkitan Guru Blogger Indonesia

Rabu, 20 Mei 2020 adalah hari kebangkitan guru blogger Indonesia. Mengapa saya sebut sebagai hari kebangkitan guru blogger Indonesia? Sebab saya melihat mulai banyak blog guru aktif dan bangkit kembali. Bahkan ada yang sudah lama blognya tidak diupdate karena tidak tahu untuk apa guru menulis di blog.

catatan harian guru blogger | dokpri
catatan harian guru blogger | dokpri
Baginya menulis di blog adalah pekerjaan yang sia-sia. Tak ada pemasukan apapun selain ketak ketik tulisan yang tidak penting. Saya tersenyum saja melihatnya, karena dulu saya juga seperti itu. Bahkan hari itu saya membuat dan menulis di blog, lalu pada hari itu pula saya meninggalkan blog. Hal itu saya kisahkan kembali ketika diminta menjadi narasumber Inspirator pendidik di hari kebangkitan nasional 2020.

blogger ternama | dokpri
blogger ternama | dokpri
Hari kebangkitan guru Blogger Indonesia semakin terasa ketika saya membuka kelas menulis GRATIS. Semua peserta saya wajibkan membuat blog. Dengan begitu mereka bisa segera membuat resume kuliah hari itu. Sekaligus mendokumentasikan ilmu pengetahuan baru yang didapatnya.

pak agus sampurno | dokpri
pak agus sampurno | dokpri
Materi dari narasumber cepat tersebar ke seluruh dunia. Guru yang tidak ikut kelas menulis akhirnya bisa membaca informasinya. Kalau lewat email, hanya penulis dan saya saja yang dapat membaca tulisannya. Tapi kalau diposting di blog, maka akan banyak orang lain yang akan membaca tulisannya. Seperti tulisan pak Heronimus Bani di tefneno-koroto.org.

dokpri
dokpri
Anda tak perlu ragu. Kalau tulisannya bagus dan menginspirasi, tanpa disuruhpun orang akan membaca dengan sukrela. Apalagi bila yang dituliskan pengetahuan baru. Mereka yang haus akan ilmu pengetahuan pasti akan segera membacanya. Tanpa harus diminta oleh penulisnya. Mereka akan menjadi blogger ternama dengan sendirinya.

Mereka datang dengan penuh suka cita melumat habis informasi yang diterima. Kemudian menyebarkannya ke semua media sosial bila tulisannya menginspirasi pembaca. Guru tidak lagi hanya mencari informasi saja tapi sudah mulai menciptakan informasi baru di internet. Mereka bisa berbagi ilmu melalui blog di internet.

Kebangkitan guru blogger Indonesia harus kita rayakan dengan suka cita. Sempatkan waktu untuk blog walking. Saling berkunjung ke blog orang lain. Terkadang ide tulisan di dapat dari tulisan orang lain. 

Acara Inagurasi Seminar Online Series Self driving for Teacher yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar PGRI menyadarkan saya bahwa guru blogger Indonesia harus bangkit dari mati surinya dan kita bisa melaksanakan konferensi guru blogger PGRI di gedung guru Indonesia.

Menulis di blog bukanlah pekerjaan yang sia-sia. Hal itulah yang saya rasakan setelah lebih dari 11 tahun komitmen menulis di blog. jutaan pembaca hadir di blog ini tanpa diminta. Bahkan mereka mengenal saya di dunia maya. 

Ketika bertemu di dunia nyata, mereka sudah kenal dengan saya. Padahal belum pernah satu kalipun kita bertemu muka di dunia nyata. itulah keajaiban menulis di blog. Tak salah bila seorang blogger menuliskan kisahnya di rahimsyainur.blogspot.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN