Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bahasa Mandarin dan Keunikannya

10 Maret 2019   05:02 Diperbarui: 11 Maret 2019   04:10 245 3 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bahasa Mandarin dan Keunikannya
Belajar bahasa mandarin di cumt

Selama seminggu ini saya berada di negara china. Tepatnya di provinsi Jiangsu dengan kota yang bernama Xushou. Kami menginap di dormitory kampus China University of Mining and Tecnology (CUMT). Sebuah penginapan kampus yang lumayan bagus untuk ukuran kampus.

Kami diajarkan Bahasa china atau mandarin selama dua hari dan diakhir minggu diajari cara menulis kaligrafi china. Selama dua hari belajar Bahasa china (Mandarin), kami belum bisa menguasainya. Maklum kami buta huruf ketika harus belajar ke china. Huruf-huruf China belum bisa kami baca dengan baik. Kami hanya mengandalkan google translate dan dengan aplikasi yang ada di ponsel, dengan mudah kami bisa terjemahkan.

Di kampus CUMT, Kami belajar dasar-dasar Bahasa china sehari-hari atau Bahasa china praktis yang dapat digunakan sehari-hari. Kami menjadi tahu Bahasa china sehari-hari dengan mudah. Terutama saatmemperkenalkan diri dan Bahasa percakapan yang sering dipakai sehari-hari. Termasuk jugahuruf-huruf Bahasa mandarin yang digunakan di negara china.

Materi Bahasa china ini agak sedikit sulit kami pelajari, karena belum kami persiapkan selamapembekalan di Indonesia. Seharusnya ada guru Bahasa mandarin yang mengajarikami di Indonesia, sehingga saat berangkat kami sudah ada bekal Bahasa china sehari-hari sebagai dasar percakapan dan berkenalan dengan orang lain.

Bentuk huruf yang tidak sama dan kata yang berbeda membuat kami sulit menghafal huruf dalam Bahasa mandarin.Kendala ini yang kami rasakan ketika belajar Bahasa mandarin. Kami sepertiorang yang buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis dalam Bahasa mandarin.

Kami berusaha memahami apa yang disampaikan oleh dosen Bahasa mandarin, walaupun kami sadar belum menguasai dengan baik. Kami berupaya belajar bareng dengan mempraktikkan langsung apa yang ada di kampus China University Mining and Technology (CUMT). Kami juga Belajar percakapannya di website, dan anda bisa membaca di website goethe-verlag.com

Menyapa adalah salah satuhal utama yang pasti kita lakukan sehari-hari. Tentu saja, dalam hal apapun,kita pasti akan bertemu dengan orang-orang yang beraktivitas di muka bumi ini.Tentu apabila kita mengenal mereka, kita harus senantiasa menyapa mereka denganramah agar persaudaraan antar umat manusia terjaga.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa menyapa itu memang sangat penting untuk dilakukan. Dalam bahasa mandarin, kosakata bahasa mandarin ini termasuk dalam hal penting yang harus dipersiapkan untuk melewati hari-hari. 

Upaya pengayaan yang saya lakukan dalam belajar Bahasa china adalah mencoba belajar Bahasa china atau mandarin melalui google translate dan menuliskan ceritanya di wijayalabs.com

Belajar Bahasa mandarin memang menyenangkan. Apalagi yang mengajar penuh semangat dan banyak tersenyum. Dosennya ramah dan mudah sekali tersenyum. Namanya Mrs. Yaqin Xu. Beliau meminta kami menirukan apa yang beliau ucapkan. Dengan sabar beliau membimbing kami mengucapkan Bahasa china sehari-hari.

Hal-hal penting yang kami pelajarai adalah Mengucapkan selamat pagi, belajar warna, buah-buahan, dan belajar mengucapkan waktu-waktu yang sering ditanyakan dalamkegiatan sehari-hari seperti bertanya tentang waktu dan belanja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN