Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar di Negeri China Hari Ketiga

5 Maret 2019   20:28 Diperbarui: 6 Maret 2019   14:38 249 22 77 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar di Negeri China Hari Ketiga
Foto bareng usai acara pembukaan

Matahari belum terlihat. Adzan subuh tidak terdengar seperti di Bekasi. Kami sholat subuh pukul 05.30 waktu setempat. Sebenarnya ingin bangun tidur berolahraga mengelilingi kampus China University oF Mining and Technologi (CUMT). Luas kampusnya 260 hektar. Luas banget untuk ukuran kampus. Dibandingkan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ya jauh banget!

Suhu Udara dingin di luar sangat tidak mendukung kami berolahraga. Akhirnya kami putuskan saja membuat laporan harian yang belum selesai. Pak Sri Hartono asyik dengan laptopnya. Katanya, sepulang dari china akan membuat buku dari perjalanannya ke China. Tentu saja saya menjadi semangat. Sebab saya diminta menjadi editornya.

Kalau setiap hari kita berkomitmen sehari 2 lembar saja, maka selama 21 hari belajar di china, akan ada 42 halaman. Wow banyak sekali. Belum lagi bila ditambahakan laporan jurnal harian dan mingguan. Bisa 120 halaman tak terasa dikerjakan. Targetnya, setiap hari 500 sampai 700 kata.

Saking asyiknya kami menulis di laptop masing-masing, kami lupa harus sarapan pagi dan mandi. Saya terburu-buru untuk mandi. Setelah mandi kami langsung pergi ke restoran kampus di lantai 1. 

Rupanya kami telat, banyak lauk pauk makanan sudah tinggal sedikit. Kami menikmatinya sekedarnya saja. Makan bakpau, cak kue, dan roti. Semangkuk sup panas dan buah semangka  sudah cukup mengisi perut kami di pagi hari itu.

Ketua kelas mengingatkan untuk segera berkumpul di depan penginapan. Waktu sudah menunjukkan pukul 08.30 pagi, kami diminta untuk segera berangkat ke ruang kuliah dengan berjalan kaki sekitar 1 kilometer. Saya merasakan ini seperti perjalanan umroh saja. Waktu mau ke masjid nabawi, dan masjidil haram harus berjalan kaki dulu dari hotel.

Sekitar pukul 09.00 kurang kami sudah sampai di tempat kuliah perdana. Kali ini melewati jalan yang berbeda. Mr Rahman mengajak kami lewat jalan lain yang lebih singkat dan jaraknya lebih dekat.

Panitia Nampak sibuk menyiapkan slide proyektor dan materi presentasi yang akan disampaikan. Materi pertama kuliah kami adalah Introductory Prentation of CUMT and Orientation. School leaders and teacher serta fasilitator program Nampak siap melaksanakan tugasnya. Para narasumber juga sudah hadir.

Ketua kelas pak Mansur Palawi mengecek kehadiran kami dan mengatur tempat duduk. Jumlah rombongan kami ada 52 orang dan ditambah dengan rombongan dari P4TK IPA sebanyak 22 orang.

Banyak juga pesertanya hari ini. Kami diputarkan film pendek tentang kampus CUMT. Wah keren banget filmnya, kami menjadi tahu lebih banyak tentang kampus ini. Kalau kawan-kawan pembaca penasaran, bisa buka websitenya di www.cumt.edu.cn atau buka di youtube.

Kampus ini terletak di kota Xuzhou. Ada 2 pembicara yang memberikan materi. Pertama Mr. Haozan Fang dari kepolisian Xushou dan yang kedua Mr. Honghang Li yang meruapakan dosen CUMK.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x