MODEL PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS 7Â
JENJANG SMP / MTS
KOMPETENSI Â INTI DAN DASAR KELAS 7 (Pengetahuan dan Keterampilan)
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
Kompetensi Inti 4 (Ketrampilan)
- Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari siswa di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori dan praktik.
- Mengenal fungsi perangkat keras dan system operasi, serta aplikasi
- Mengamati saat sebuah piranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai.
- Menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar
- Menjelaskan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar berbagai piranti.
Sumber KI dan KD Informatika SMP halaman 509-510.
- Latar belakang
Dalam model pembelajaran informatika harus dijelaskan dahulu latar belakang mata pelajaran diberikan kepada siswa, tujuan yang ingin dicapai siswa, ruang lingkup materi yang akan dipelajari siswa, dan sasaran pengguna mata pelajaran informatika. Sehingga siswa memahami untuk apa belajar informatika di sekolah dan manfaatnya dalam kegiatan sehari-hari. Mereka akan paham dengan sendirinya belajar informatika.
Karakteristik mata pelajaran informatika menguraikan rasional, tujuan, dan ruang lingkup. Desain pembelajaran menjelaskan pendekatan, strategi dan metode, model, serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Guru diharapkan mampu membuat skenario pembelajaran yang dituliskan dalam bentuk RPP sehingga pembelajaran yang diberikan dapat menjadi model bagi guru sekolah lainnya. Gurupun mampu menilai hasil belajar siswa dengan cermat dan bijaksana melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.
Penilaian dalam mata pelajaran informatika menyajikan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Media dan sumber belajar menguraikan media pembelajaran, dan sumber belajar serta guru mata pelajaran dalam pembelajaran abad ke-21. Salah satunya berpikir kritis dan membuat keputusan-keputusan.
Mata pelajaran informatika adalah mata pelajaran baru dalam kurikulum 2013. Mata pelajaran ini adalah mata pelajaran muatan lokal yang diberikan kepada siswa di sekolah yang sudah memiliki fasilitas komputer dan internet. Sekolah dapat memberikan materi informatika sesuai dengan permendikbud nomor 35 tahun 2018.