Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Semnas Guru TIK Indonesia di PGRI

6 September 2018   22:25 Diperbarui: 6 September 2018   22:37 892 1 0 Mohon Tunggu...

Sabtu, 1 September 2018, sekitar 500 orang guru TIK berkumpul di Gedung Guru Indonesia. Kami melaksanakan seminar nasional Guru TIK Se -Indonesia. Terima kasih Pengurus besar PGRI dan ikatan Guru TIK PGRI akan terus berjuang dan bersinergi dengan kemendikbud dalam menyambut datangnya mata pelajaran Informatika. Mata pelajaran (mapel) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dipastikan akan kembali masuk ke dalam kurikulum 2013. Mapel yang namanya akan berganti menjadi Informatika ini, akan diterapkan mulai tahun ajaran baru 2019/2020.

Ada 4 pembicara kunci dalam semnas ini yaitu:

1. Dr. Awaludin Tjala Kepala Pusat Kurikulum dan perbukuan kemdikbud

2. Prof.Eko Indrajit Kepala Smart learning Character Center PB PGRI

3. Dr. Indra Charisiadji Direktur Eduspek Indonesia

4. Dr. Onno W Purbo, Pakar TIK Internasional

5. Drs. Temu Ismail, M.Si dari Dirjen GTK Kemdikbud



Kepala Pusat Kurikulum, dan Perbukuan (Puskurbuk), Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan (Kemendikbud), Awaluddin Tjalla mengatakan, mata pelajaran yang dulu bernama Teknologi Informatika dan Komputer (TIK) akan kembali masuk ke kurikulum sekolah.  Setelah sebelummya, mapel tersebut dihapus dari kurikulum 2013.

Pernyataan resmi tentang kembalinya TIK ke dalam kurikulum setidaknya telah disampaikan Kepala Pusat Kurikulum, dan Perbukuan Kemendikbud, Awaluddin  Tjalla dalam Seminar Nasional Guru TIK se-Indonesia beberapa waktu lalu.  "Kami guru TIK sangat gembira, ini bagus, hasil perjuangan bersama selama lima tahun terakhir. Kami siap menjalani proses pelatihannya," kata Sekretaris Jenderal (sekjen) Ikatan Guru TIK, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Wijaya Kusumah, di Jakarta, Kamis, 6 September 2018.

Saya, Wijaya Kusumah, dan 44.815 guru pengampu mata pelajaran Teknologi Informasi,dan Komunikasi (TIK) lain, akhirnya bisa bernapas lega. Lima tahun perjuangan mengembalikan mata pelajaran TIK ke kurikulum 2013, akhirnya membuahkan hasil. Kami sangat bahagia, walaupun baru diterapkan tahun depan. Mata pelajaran Informatika sebagai pengganti mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum memungkinkan untuk diterapkan secara serentak di seluruh sekolah.  Penerapan dilakukan bertahap, sambil menyiapkan sarana dan prasarana, juga tenaga pendidik yang mengampu mata pelajaran tersebut.

Pengamat Pendidikan dari Eduspec Indonesia, Indra Charismiadji mengatakan, berdasarkan desain yang disampaikan Kepala Puskurbuk, Kemendikbud, Awaluddin Tjalla dalam sebuah seminar di Jakarta, mapel Informatika rencananya akan masuk ke dalam jam prakarya.  "Sementara di jenjang SMK akan masuk ke mapel kewirausahaan," kata Indra di Jakarta, Senin, 3 September 2018.

Berikut ini rekamannya.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x