Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah karyawan swasta

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Guru TIK yang Terzolimi

3 Desember 2017   13:28 Diperbarui: 3 Desember 2017   20:16 885 0 0
Guru TIK yang Terzolimi
tik-smp-5a23f6b559b13058ab1e9972.jpg

Sudah lebih dari 3 thn guru tik dizolimi. Begitu juga guru kkpi di smk yang namanya diganti jadi simulasi digital.

Seharusnya guru tik dilindungi. Tapi justru dikebiri. Satu demi satu guru tik berguguran. Mereka adalah guru guru honor di sekolah negeri dan guru tidak tetap yayasan di sekolah swasta.

Pilihannya hanya 2 yaitu jadi guru mata pelajaran baru yang bernama prakarya atau menikmati permendikbud 45 tahun 2015 tentang peran guru tik dan kkpi dalam kurikulum 2013.

Guru tik dan kkpi telah dizolimi. Mata pelajarannya sengaja dihilangkan demi ego penguasa. Mereka tak peduli nasib guru tik. Pejabat di kemdikbud merasa urusan dengan guru tik sudah selesai dengan terbitnya permen manis 45 yg membuat guru tik dan kkpi terkena diabetes pelecehan profesi.

Sejumlah guru tik dan kkpi melakukan perlawanan. Bukan bermaksud menentang kebijakan kemdikbud. Tapi kami menuntut keadilan. Sebab dalam uu guru dan dosen nomor 14 tahun 2005 pasal 1 sudah sangat jelas tupoksi seorang guru. Juga peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru. Di sana tidak dikenal istilah guru bimbingan tik. Hanya ada 3 jenis guru yaitu guru mata pelajaran dan guru kelas serta guru bimbingan konseling.

Pergantian mendikbud dari Mohammad Nuh ke Anies Baswedan membawa angin segar.

Tak semua sekolah menggunakan kurikulum 2013. Lebih banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2006. Akibatnya terjadi kurikulum ganda. Sementara itu sebagian guru tik dan kkpi terselamatkan  karena masih mengajar tik dan kkpi. Mata pelajarannya masih ada dalam struktur kurikulum 2006.


Perjuangan masih terus dilakukan. Baik dengan cara akademik maupun politik. Namun muatan politik terasa lebih kental di sana. Kebijakan kembalinya tik dan kkpi masuk struktur kurikulum tergantung mendikbud. Hal itu disampaikan Ramon Mohandas kepala pusat kurikulum pada saat itu.

Jokowi sebagai presiden mencukupkan Anies baswedan. Mendikbud berganti ke Muhadjir Efendi dari Muhammadiyah. Semangat perjuangan muncul kembali. Sebab di era mendikbud dari Muhammadiyah TIK masuk sebagai mata pelajaran pada tahun 2006.

Pengurus komunitas guru tik.dan kkpi atau disingkat kogtik telah menemui dewan pertimbangan presiden di kantornya. Malik fajar mendukung tik masuk kembali sebagai mata pelajaran. Tentu kami sangat senang sekali. Apalagi penyanyi terkenal iwan fals ikut mendukung perjuangan kami setelah bersilahturahim ke rumahnya.

Dalam pertemuan di hotel inn kemayoran yg diselenggarakan oleh puskurbuk kemdikbud kami diundang dan diminta pendapatnya. Semoga bukan sekedar angin surga. Dimana pendapat kami hanya disimpan dalam almari file puskurbuk.

Guru tik dan kkpi sudah dizolimi. Dengan slogan save tik dan kkpi harga mati kami terus berjuang dengan berbagai cara. Mulai dari dunia maya sampai dunia nyata. Bertemu anggota dpr hingga pejabat kemdikbud.

Semoga teknologi informasi dan komunikasi kembali jadi mata pelajaran lagi. Begitulah harapan kami dari hasil survey secara online. Kamipun berharap keterampilan komputer dan pengolahan informasi di smk kembali jadi mata pelajaran lagi dalam kurikulum 2013 yang direvisi.

Kurikulum 2013 telah memakan korban guru tik dan kkpi. Dengarkanlah rintihan kami pak menteri. Izinkan kami bertemu anda secara langsung. Bukan pejabat kemdikbud lain yang selalu mengarahkan kami utk menerima bimbingan tik. Padahal tik bukan bimbingan. Tik adalah mata pelajaran dan ada musyawah guru mata pelajaran (mgmp) yang telah memenuhi undang undang guru dan dosen.

Kalau mau mengubah kebijakan. Ubah dulu uu guru dan dosen supaya kebijakan yg keluar tdk bertentangan dgn uu yg ada. Permendikbud nomor 45 tahun 2015 ttg peran guru tik dan kkpi sangat bertentangan dengan uu guru dan dosen. Akibatnya guru tik terzolimi hingga saat ini. Semoga presiden jokowi menegur menterinya.