Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mari Dukung Kampanye One Blog One Teacher

30 Juni 2015   12:03 Diperbarui: 30 Juni 2015   12:03 67 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Dukung Kampanye One Blog One Teacher
Ketika Guru Diajak untuk Menulis

Saya bermimpi satu orang guru memiliki satu blog yang terkelola dengan baik. Para guru menuliskan pengetahuan dan pengalamannya di blog yang terbaca banyak orang. Semakin banyak konten-konten edukasi bertebaran di dunia maya. Tentu informasi tentang dunia pendidikan dengan mudah kita dapatkan. Kita ajak guru mampu menciptakan informasinya sendiri melalui tulisannya di blog.

Dalam beberapa kesempatan menjadi pembicara dalam dunia tulis menulis, saya selalu gaungkan kampanye “one blog, one teacher”. Saya selalu bersemangat agar kawan-kawan guru mampu menulis dengan belajar menulis di blog pribadinya. Sebab hal itu sudah saya alami sendiri dengan belajar menulis di berbagai blog yang saya kelola. Salah satunya di http://wijayalabs.com.

Semoga mimpi ini menjadi nyata. Saya bersama komunitas sejuta guru ngeblog (KSGN) akan terus mengkampanyekannya melalui kegiatan pelatihan guru menulis dan ngeblog ke berbagai daerah. Semoga dapat bekerjasama juga dengan kompasiana yang sudah semakin besar dan dikenal masyarakat luas.

Berikut ini adalah salah satu contoh reportase kegiatan saya yang diliput media. Semoga bermanfaat!

 

Ketika Guru Diajak untuk Menulis

Senin, 29 Juni 2015 08:50 WIB

Wijaya Kusumah. (DOK.PRIBADI)

“MENULISLAH setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.” Begitu imbauan yang disuarakan Wijaya Kusuma, tenaga pengajar TIK di SMP Lab School Jakarta, kepada para guru di Indonesia. 

Menulis, terutama dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, membuat guru mudah mengikuti kemajuan zaman. Selain itu, penguasaan di sektor teknologi, informatika, dan komputer (TIK) turut berimbas pada pola pengajaran. 

Apalagi, kesaran pengajar untuk mengikuti perkembangan TIK belumlah terasa. Menurut Wijaya, rendahnya serapan guru di sektor TIK tak sekadar dilatarbelakangi ketiadaan fasilitas, seperti yang terjadi di sejumlah kota kecil, tapi juga faktor usia seperti yang berlaku di Pulau Jawa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x