Mohon tunggu...
Wie Ling
Wie Ling Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasiku Mengikuti E-Training Guru Melek IT Angkatan 4 Tahun 2018

22 Juli 2018   13:15 Diperbarui: 22 Juli 2018   13:17 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dunia kita memasuki era digital dan revolusi industri 4.0. Dimana teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat, dan semua serba online. Pembelajaran abad 21, mau tidak mau harus dihadapi kita semua sebagai guru. Mau tidak mau kita harus menerapkan teknologi ke dalam pembelajaran kita. Apabila tidak maka kita akan tertinggal dan menjadi guru yang konvensional. Oleh karena itu saya sebagai guru merasa harus segera melengkapi diri menjadi guru yang melek IT.

Suatu hari saya mengenal kata "Prezi, Kahoot" dari seorang murid saya, dia bertanya apakah saya akan presentasi menggunakan media aplikasi seperti prezi atau Kahoot atau ppt.  Wah sontak saya bingung, baru denger istilah itu. Dia kemudian menjabarkan bahwa PPT (powerpoint) sudah konvensional, lebih menarik presentasi menggunakan Prezi. 

Saya merasa tertantang sebagai guru, saya merasa malu tidak up date dengan perkembangan teknologi. Saya dengan tersenyum mengatakan bahwa saya boleh minta diajari dong Prezi dan Kahoot itu. Apakah kejadian yang saya alami dialami juga oleh Bapak Ibu guru yang lain?? Kalo ya, sudah waktunya kita guru mengembangkan kompetensi kita dalam bidang IT untuk dapat mendesain pembelajaran yang lebih menarik karena itulah yang diinginkan oleh murid kita.

Dan akhirnya doa saya terjawab, beberapa minggu kemudian, saya melihat pesan di whatapps grup MGMP Kimia, ada pendaftaran pelatihan training guru melek IT menggunakan Prezi. Tanpa ragu saya mendaftar dengan teman saya. Luar biasa Tuhan memberkati program pelatihan ini untuk bisa membantu guru-guru seperti saya yang berusaha untuk terus maju mengikuti perkembangan jaman , meningkatkan kompetensi kita sebagi pembelajar profesional yang terus mau belajar. Semangat buat kita smua para guru. Terima kasih kepada Pak Sukani yang menjadi mentor, guru kita pada pelatihan guru melek IT.

Kesan dan Pesan saya mengikuti pelatihan, pada awalnya saya merasa kesulitan membagi waktu karena pagi sampe sore jam 4 saya mengajar, lalu bersamaan dengan itu saya menjalani PPGJ dari pemerintah Dinas Pendidikan, tugas menjadi menumpuk, dan saya harus menentukan prioritas agar semua berjalan dengan baik. namun saya yakin saya bisa melewati semuanya dengan terus berusaha melakukan yang terbaik dan terus bersukacita dalam mengerjakannya. Tuhan memberkati kita semua. amin 

penulis: Wie Ling, S,Si

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun