Mohon tunggu...
Widya Almaida
Widya Almaida Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Ampelgading

Saya seorang guru yang bekerja di SMKN 1 Ampelgading Kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cerita Best Practice Menggunakan Pembelajaran Project Based Learning

9 Desember 2022   10:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   11:02 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?

Latar belakang yang menjadi masalah adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XII APHP pada mata pelajaran Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan dan Herbal materi Pengolahan Minuman Herbal. Rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan beberapa faktor diantaranya motivasi belajar siswa yang kurang, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa tidak berkonsentrasi ketika pembelajaran dan fasilitas sekolah yang belum merata.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan dan Herbal materi Pengolahan Minuman Herbal dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru, tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

  • Pemilihan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan tepat dan sesuai dengan karakter peserta didik
  • Peserta didik belum terbiasa melakukan kegiatan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik
  • Pembelajaran masih berpusat pada peran guru
  • Penggunaan teknologi pada kegiatan pembelajaran

Siapa saja yang terlibat?

Guru, peserta didik, rekan guru, kepala sekolah

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

Melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah, wawancara dengan rekan kerja guru, menyiapkan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan mengagendakan waktu pelaksanaan aksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun