Mohon tunggu...
Widya HalimatusSadiah
Widya HalimatusSadiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik UPI 2021

Keep spirit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Peran Orangtua untuk Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   07:26 Diperbarui: 30 Juli 2021   07:51 44 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Peran Orangtua untuk Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masa pandemi Covid-19 seakan belum menemukan titik akhir, angka masyarakat Indonesia yang terkena virus covid-19 masih bertambah setiap harinya. Sehingga hal tersebut berdampak pada sektor pendidikan, sekolah tatap muka masih belum bisa dilaksanakan secara optimal untuk saat ini. Banyak orangtua yang mengeluhkan anak tidak efektif belajar di rumah. Akan tetapi, untuk saat ini keadaan tidak dapat di paksakan untuk sekolah tatap muka.

Peran orangtua sangat penting untuk pendidikan anak di masa sekarang. Orangtua harus bisa lebih ekstra untuk mendampingi anak belajar dirumah, untuk tetap terlaksananya pendidikan yang efektif bagi anak. Berikut merupakan cara yang bisa dilakukan orangtua untuk pendampingan anak tetap belajar di rumah di masa Pandemi covid-19.

1. Luangkan waktu untuk mendampingi anak belajar. Seperti yang kita tahu, saat ini anak lebih banyak menghabiskan waktu untuk sekola dari rumah, guru tidak bisa mendampingi secara langsung anak belajar, maka orangtua lah yang menjadi guru di rumah. Ketika anak belajar atau bersekolah dari rumah, sebaiknya orang tua mendampingi supaya anak belajar dengan sungguh-sungguh. Jika tidak, mungkin saja anak tidak belajar secara efektif, entah itu bermain dengan gawai nya atau tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan secara online.

2. Pelajari aplikasi-aplikasi yang bisa dijadikan pendidikan bagi anak. Saat ini, banyak aplikasi gratis untuk anak belajar, seperti ruangguru, quipper, dll.

3. Menambah budgeting untuk kuota anak belajar. Untuk pendidikan yang harus terus dilaksanakan meskipun secara online, orangtua harus tetap memfasilitasi anak belajar yaitu dengan tersedianya kuota internet, untuk lebih hemat ketika banyak orang untuk menggunakan internet, sebaiknya memakai Wi-Fi.

4. Jangan memaksa anak untuk belajar secara terus-terusan. Ketika anak sudah jenuh untuk belajar, bisa di alihkan terlebih dahulu untuk bermain sebentar.

5. Hindari stress. Pada saat ini, penting untuk menghindari stress entah untuk orangtua dan anak supaya imun tetap kuat. Untuk menghindari stress, hal yang bisa dilakukan yaitu meluangkan waktu untuk me-time. Misalnya, dengan berbelanja online, menonton film kesukaan, membeli makanan kesukaan, istirahat yang cukup, dll.

Terimakasi, semoga bermanfaat. Salam pendidikan. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN