Mohon tunggu...
Widoko
Widoko Mohon Tunggu... Menyukai semua hal yang inspiratif

Pernah menimba ilmu di Yangzhou University, China

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Klopp Tenggelam Terbitlah Tuchel

6 Mei 2021   22:31 Diperbarui: 7 Mei 2021   07:17 165 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Klopp Tenggelam Terbitlah Tuchel
Tuchel - Klopp (Sumber: archyde.com)

Jika berbicara tentang pelatih asing di dunia sepak bola Inggris, sebetulnya tidak banyak pelatih dari Jerman yang menukangi tim-tim di negeri Ratu Elizabeth itu. Namun diantara nama yang tidak banyak tersebut, dua diantaranya merupakan sensasi dan sering mendapat perhatian luas di jagad si kulit bundar akhir-akhir ini. Siapakah dua pelatih tersebut? Benar. Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel.

Bisa dibilang Jurgen Klopp adalah pelatih Jerman tersukses di Inggris sampai saat ini. Mulai bergabung dengan Liverpool pada tahun 2015, Klopp berhasil mempersembahkan empat trophi bagi The Red. Dua dari empat trophi tersebut merupakan juara yang tidak main-main, Liga Champion dan Liga Primer Inggris.

Klopp di Liverpool (Sumber: tempo.co)
Klopp di Liverpool (Sumber: tempo.co)

Khusus untuk trophi Liga Primer Inggris mungkin adalah yang paling spesial bagi para penggemar Liverpool. Maklum klub yang bersemboyan You'll Never Walk Alone (YNWA) tersebut sudah puasa gelar selama 30 tahun. Gelar yang diperoleh setelah ditukangi oleh sembilan pelatih tersebut seperti penghapus sebuah kutukan. Ya, para fans rival Liverpool sering memelesetkan YNWA yang merupakan kependekan dari You'll Never Walk Alone menjadi You'll Never Win Again. Sadis.

Keberhasilan Klopp menukangi Liverpool tersebut pun diakui oleh Fifa. Sang Mantan Pelatih Borussia Dortmund menyabet gelar sebagai Pelatih Terbaik versi Fifa dua kali berturut-turut, yakni tahun 2019 dan 2020.

Namun sayang, setelah menjalani dua musim yang luar biasa, kini Liverpool bersama Klopp seperti tenggelam dalam persaingan tertinggi, baik di Liga Inggris maupun di Liga Champion. Sempat dijagokan sebagai kandidat kuat untuk mempertahankan trophi Liga Inggris di awal-awal musim, The Red seperti lesu darah di pertengahan. Kini Mohamed Salah dkk terdampar di peringkat ke tujuh Liga Inggris. Dengan poin 54 Sang Juara tahun lalu terpaut 26 poin dengan Manchester City yang berada di pucuk daftar sementara. Dari 33 pertandingan pasukan Klopp sudah menelan 9 kali kekalahan. Adapun sisanya 9 kali imbang dan 15 kali menang.

Prestasi Tuchel Sebelum di Chelsea (Sumber: kaskus.co.id)
Prestasi Tuchel Sebelum di Chelsea (Sumber: kaskus.co.id)

Yang menarik, ketika Klopp seperti tenggelam dari persaingan tertinggi, Thomas Tuchel, pelatih Jerman yang lain yang juga mantan pelatih Dortmund, menyeruak dan menyedot perhatian di Liga Inggris.

Tuchel ditunjuk menjadi pelatih Chelsea menggantikan Frank Lampard yang dinilai berkinerja kurang memuaskan. Tuchel sendiri sebelumnya dipecat oleh manajemen Paris Saint Germain Perancis. Ada beberapa hal yang disinyalir menjadi alasannya. Hasil pertandingan PSG yang dinilai kurang memuaskan. Ada pula yang memberitakan bahwa menurut Tuchel sendiri hal itu ada kaitannya dengan perselisihan dengan direksi klub berkaitan dengan transfer pemain.

Sejatinya saat bersama PSG, Tuchel juga telah mempersembahkan banyak prestasi. Beberapa diantaranya adalah juara Liga Perancis tahun 2019 dan 2020, Piala Perancis 2020, Piala Liga Perancis 2020, Piala Super Perancis 2018 dan 2019. Di samping itu Tuchel juga berhasil mengantarkan ke Final Liga Champion tahun lalu. Catatan hebat lainnya adalah Tuchel menorehkan catatan kemenangan sebesar 76,5 persen yang merupakan tertinggi dalam sejarah Liga Perancis. Saat PSG ditinggal pun berposisi tidak buruk, berada pada peringkat tiga dan hanya berselisih satu poin dengan pemuncak klasemen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN