Mohon tunggu...
Widoko
Widoko Mohon Tunggu... Menyukai semua hal yang inspiratif

Pernah menimba ilmu di Yangzhou University, China

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Waspada! KKB Papua Merdeka Berani Tantang TNI Perang Terbuka, Masuk Tahun 2021 Sudah Tewaskan 3 Prajurit TNI

8 Februari 2021   11:53 Diperbarui: 8 Februari 2021   12:04 665 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada! KKB Papua Merdeka Berani Tantang TNI Perang Terbuka, Masuk Tahun 2021 Sudah Tewaskan 3 Prajurit TNI
KKB - TNI (Sumber: tribunnews.com)

Manakah daerah paling rawan akan keamanan saat ini?

Benar, mungkin akan banyak jawaban mengarah pada Papua. Daerah di ujung timur Indonesia tersebut sepertinya memang tidak salah jika dikatakan merupakan daerah yang perlu mendapat perhatian terkait masalah keamanan dan integritas negara dan bangsa. Keberadaan Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua Merdeka memang sering kali meresahkan, baik dari segi teror keamanan maupun keutuhan bangsa.

United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) misalnya. OPM yang berbasis di luar negeri pimpinan Benny Wenda ini pada Desember 2020 kemarin menyatakan mendeklarasikan pemerintahan sendiri di Papua Barat dan menolak tunduk dengan Indonesia. Selain itu diberbagai kesempatan Benny Wenda juga terus menghembuskan isu HAM di Papua untuk memperoleh tujuannya.

Sedang di sisi lain, KKB Papua Merdeka bergerak di Papua untuk menuntut kemerdekaan dengan menggunakan senjata. Kelompok ini tidak segan untuk menjatuhkan korban jiwa, baik dari TNI dan Polri maupun dari masyarakat sipil. Sudah banyak korban jiwa yang mereka jatuhkan. Salah satu momen yang paling mengerikan adalah bagaimana KKB membantai belasan pekerja Istaka Karya yang sedang mengerjakan proyek Trans Papua pada Desember 2018.

Prada Agus Kurniawan (Sumber: kaskus.co.id)
Prada Agus Kurniawan (Sumber: kaskus.co.id)

Setelah peristiwa yang menggegerkan itu KKB Papua Merdeka masih terus saja menjatuhkan korban baik dari TNI - Polri maupun masyarakat sipil dan membuat ulah. Salah satu yang terbaru adalah menantang TNI untuk perang terbuka.

Kepastian adanya tantangan perang terbuka KKB terhadap TNI tersebut disampaikan oleh Wakapolda Papua, Brigjen Mathius Fakhiri. Tantangan perang terbuka tersebut muncul dalam selebaran yang beredar di Intan Jaya, Papua. Menurut Brigjen Mathius Fakhiri seperti dilansir Kompas.com, 02 Februari 2021, tantangan perang terbuka dari KKB tersebut adalah bentuk provokasi dan biasanya terjadi saat eskalasi sedang tinggi.

Memang membandingkan kekuatan TNI dan KKB Papua Merdeka adalah dua hal yang sangat jauh. Tetapi keberadaan KKB di Papua juga tidak boleh diremehkan begitu saja. Harus diakui salah satu keunggulan dari KKB adalah lebih menguasai medan Papua. Diantara mereka ada juga yang punya senjata canggih semacam Styer AUG, AK 47, AK 74, M-16, dan Senapan Mesin PKM. Senjata itu diperoleh dari rampasan di Pos - Pos TNI, dari luar negeri, dan juga dari dalam negeri.

Salah satu bukti keganasan KKB Papua Merdeka adalah sepanjang Januari 2021 ini saja mereka sedikitnya sudah menewaskan 3 Prajurit TNI.

Pratu Roy Vebrianto (Sumber: tribunnews.com)
Pratu Roy Vebrianto (Sumber: tribunnews.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x