"Jatuh cinta pada pandangan pertama", ternyata bukan pepesan kosong ataupun gombalan belaka....tapi memang benar adanya, dan itu berlaku juga untuk diri saya....tujuan gowes kali ini mungkin sudah “familiar” dengan para biker, jadi kebanyakan peserta yg ikut pun sudah pernah mencicipi trek ini...saya sendiri sudah 2 kali ke sini, bener-bener cinta pada pandangan pertama kaannnn??? :). Dengan niat dan tekad bulat....tepat jam 4:45 tadi pagi (Minggu 19/05),saya bersama "pacar" saya Manohara (baca Mosso) berangkat menuju Jorr Bogor tempat tikum gowes "exclusive" bersama rekan-rekan gowes lintas komunitas dan individu, kenapa saya bilang exclusive....karena trek gowes kali ini bener-bener komplit...plit...plit, macam Palasari aja bah....mantaabbb surantabbb, disamping itu pesertanyapun gak maen-maen....senior/sesepuh sepeda terlihat hadir juga yaitu pak Gento, ditambah lagi hadirnya atlit master dan junior UTC (mohon koreksi kalau salah)...om Agung, om Yoyo dan om Malik, soal akomodasi dan transportasi....number one punya....transportasi disediain 2 unit truk AC alami buat angkut “pacar-pacar” nya biker, dan soal makanan....udah reservasi doong.....sop plus sate kambing, dan bagi rekan-rekan gowes yg alergi embeek, jangan kawatir...om Bara sebagai “host” gowes kali ini bener2 mengamalkan sila ke 5 Pancasila yg berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dipesan pula paket komplit ayam goreng beserta lalapannya khas masakan sunda...tunggu dulu, belum cukup sampe disitu...masih ada lagi master ketoprakan....yg gak asing lagi, siapa lagi kalo bukan om John alias om Abi,hahaha.....*joke pak. Tepat jam 7:30 (agak mulur dikit dari rencana semula yaitu jam 7) peserta berangkat dari embarkasi Jorr menuju ke tikum ke 2 yaitu Desa Kracak untuk menyapu bersih rekan-rekan gowes yg langsung menuju ke Kracak sementara om Bara masih standby di tikum pertama yaitu Jorr Bogor menunggu peserta lainnya yg telat datangnya sekaligus menjaga keamanan logistik...maklum, disitu ada supermarket, hehee.... Dan alhamdulillah perjalananpun lancar tanpa ada kemacetan berarti...sehingga Jorr-Kracak bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam...setelah kurang lebih 1 jam menyapu bersih tikum 2, kamipun langsung berangkat menuju TKP yaitu warung mang Ujang Cianten setelah dipastikan gak ada lagi peserta yg ditunggu. [caption id="attachment_245394" align="aligncenter" width="576" caption="warung Mang Ujang"]
[/caption]
Ternyata perjalanan ke Mang Ujang ditempuh dalam waktu gak lebih dari 1 jam (diluar perkiraan saya),tadinya saya pikir bisa berjam-jam tuk menggapai ke sana, karena kondisi jalannya 70% rusak dan berbatu....dan ternyata pak sopir ke dua truk ini memang pengalaman banget dan jam terbangnya sudah gak keitung, diliat dari cara packaging sepeda-sepeda yg rapi dan kuat juga cara mengendalikan truk di jalan rusak, tanjakan dan makadam, kebetulan saya duduk di samping pak sopir...bener-bener terasa naik airbus bahkan lebih nyaman dari airbus karena bisa ngudut, hahaha....*salut, terimakasih pak sopir. Ajrut-ajrutanpun berlalu....kamipun sampai di TKP warung Mang Ujang disana terlihat sang "host" beserta team menyambut kedatangan kami....macam atlit tour d'France aja pake difoto-foto dan gelegar berkumandandang lagu hitnya GnR....Welcome To The Jungle..*lebay hihi... [caption id="attachment_245395" align="aligncenter" width="576" caption="Kebun teh Cianten"]
[/caption]
Singkat cerita, setelah saling bersalam-salaman bahkan berkenalan dengan peserta lainnya yg kebanyakan baru saya kenal "on the spot" (karena selama ini kenalnya cuma di Facebook aja), yg menariknya...ternyata ada 2 orang tetangga saya yg juga ikut trip ini yg baru kenal dan ketemu....Jakarta memang kota dan nuansa sibuk ya sampai-sampai kurang bersosialisasi, dirumah gak pernah ketemu dan kenal...eee kenalnya malahan di hutan belantara...padahal kalo kenalnya di rumah kan lebih nyaman dan dijamin gak pake ngap...hehehe, setelah itu kami menikmati "welcome drink" dan ada beberapa rekan-rekan yg maksi yg disediakan oleh Mang Ujang... Prosesi unloading, perkenalan dan break pun berakhir, seiring terdengarnya pluit dan aba-aba berbaris membentuk lingkaran dari sang "host", om Chaerul Bara yg dari awal selalu tampak ceria, dan seperti biasa....sebelum memulai gowes, kami selalu melakukan absensi, briefing, berdoa dan berfoto keluarga....4 pokok acara aja gak usah banyak-banyak...walaupun sebenarnya protokoler gobar mengajukan banyak acara sambutan-sambutan dan hiburan tetapi, Om Bara dengan tegas menolak susunan acara itu....alasannya karena waktu sudah jam 11 siang, jadi kuota waktu yg kami miliki untuk rolling, manggul, nyerosot semakin sedikit, bisa-bisa jadi bang toyib ya....hehehe. Dari absensi peserta, terhitung sedikitnya ada 39 orang yg ikut trip ini...cowo semuanya...no problem, "no woman no cry" kata Bob Marley...lagian trek ini memang gak avalaible untuk cewe...selanjutnya masuk ke sesi briefing, yg mencakup "juklak", arah dan tipe trek serta penunjukan RC dan Sweeper...inipun berjalan lancar tanpa ada penyusupan bahkan gangguan dari pihak-pihak yg anti Cianten, hahaha....(peace yg gak ikutan trip ini) *joke. Trek yg akan ditempuh sepanjang kurang lebih 26 km bervariasi...onroad, offroad, donut, nyerosot, rerumputan....jalurnya yaitu warung Mang Ujang - Perkebunan teh Cianten - Pertambangan Geothermal Chevron - Kracak.
Selanjutnya suasana pun hening khusyuk ketika om Ade memimpin acara berdoa...memohon kepada Tuhan agar kami semua diberikan perlindungan selama dalam perjalanan sehingga selamat sampai di garis finish (Kracak) nanti. Sebagai penutup acara protokoler...lagi-lagi, seperti biasa....kamipun mengabadikan foto keluarga bersama...semuanya terlihat ceria tanpa ada satupun yg terlihat galau apalagi bermuram durja, semua berpose dengan gaya favorite masing-masing....dan seperti biasa ketika memasuki sesi ini pasti jadi rebutan juru foto yg banyak ikut pada trip ini, yg semuanya dari media international (baca : Facebook, Twitter dan Youtube agent), hehe....
Selanjutnya...satu-persatu mulai melakukan pergerakan mengikuti RC masing-masing yg dibuat 3 grup.....dari warung Mang Ujang melalui jalur onroad menanjak sampai sekitar 2 km setelah itu masuk ke kebun teh yg kondisi jalannya lumpur...diluar dugaan nih, belom apa-apa udah dikasih menu "bubur basah" (gak panjang sih cuma 5 meteran), mana sepeda baru dimake up alias dimandiin, sambil mikir gimana caranya biar gak kotor sepedanya, saya kasih kesempatan rekan lain untuk jalan duluan...dan ditengah kebimbangan....om Nengah, yg berada persis didepan saya mencontohkan melalui jalur itu dengan cara yg "pas", yaitu...apalagi kalo bukan manggul....karena lama gak blusukan sama Bobico jadi lupa praktekin cara terhormat dari TTB, hehehe....langsung aja saya mengikuti caranya om Nengah sambil perhatiin tanah mana aja yg bisa diinjak...dan dalam hitungan detikpun terlewati trek bubur basah itu...*thanks om Nengah :)
Selanjutnya trek yg kami lalui masih dalam kondisi basah, licin dan menanjak...bahkan ada sebagian trek yg ungowesable....bahh, tega bener neh om Bara...katanya mau senang-senang tapi kok malah disiksa kayak gini...sempat terlintas tuk balik kanan aja, tapi malu sama "pacar" saya....yg udah lama gak diajak jalan-jalan, qiqiqi *kidding....tetapi fikiran itupun cepat sirna seiring terpampang luasnya pemandangan yg sangat indah perbukitan kebun teh di sekeliling kami...semangatpun berkobar, gak perduli deh kaos/celana/sepeda belepotan....yg penting bisa menikmati indahnya pegunungan yg hijau...*subhanalloh
Tanpa dikomandoin, naluri fotographer dan talenta narsispun langsung kami kerahkan....dan ternyata bukan saya aja yg begitu...semua peserta pun melakukan hal yg sama...apalagi om Bara....sebentar-sebentar candid, hehehe.... Selanjutnya kami menuju arah kantor induk kebun Cianten PTPN VIII, treknya offroad perkebunan teh yg agak kering dan menurun...hingga kami menemukan portal (pos satpam) dan masuk ke jalur onroad...dan selanjutnya menyusuri perumahan perkebunan teh...menurun terus, tapi treknya makadam...disini om Yusron sempat gowes dengan lepas tangan macam sirkus (mengutip komentar om Bara), haha...*mantaabb om Yus. Diawal turunan makadam saya sudah curiga....kalo ada turunan pasti kesananya ada tanjakan, ternyata bener juga...trek selanjutnya kebalikan dari turunan...mana panjaaang....tapi agak gemesin karena trek makadamnya gak separah waktu menurun....dan alhamdulillah bisa menuntaskan trek ini sampai diatas (pertigaan yg ada 2 cewe seksinya...hehehe). Disinipun kami regrouping dan absen peserta lagi, yg dilakukan oleh "host" dan setelah semuanya berkumpul...perlahan kami melanjutkan perjalanan lagi, dan kali ini memasuki area pertambangan Chevron....denger namanya aja udah keren ya...apalagi liat jalan dan pemandangan disekitarnya...bener-bener muluusss kayak landasan pesawat sehingga walaupun treknya menanjak....gak terasa ngap, karena sekeliling kami perkebunan teh yg tertata rapi dan indah...*kereennn bray. [caption id="attachment_245403" align="aligncenter" width="576" caption="Geothermal Chevron"]
[/caption]
Sesampainya di kawasan pertambangan Chevron (agak luas tempatnya), lagi-lagi....naluri fotographerpun muncul....ada yg foto dengan background kebun teh, ada yg foto dengan background alat-alat berat pertambangan yg sedang melakukan explorasi disana, bahkan yg kerennya lagi foto keluarga dengan background uap panas bumi (geothermal) nya Chevron...*mantaappp pisan euy. Ketika kami sampai di depan gerbang explorasi Chevron, cuaca mulai mendung bahkan mulai turun hujan kecil-kecil...semuanyapun langsung mengamankan barang-barang bawaan yg sensitif sama air...atau menutup tas bawaannya dengan cover bag, begitu juga saya...jadi gak bisa foto-foto dan merekam aksi rekan-rekan ditrek selanjutnya nih...:( Setelah itu kamipun melanjutkan perjalanan, melalui jalur kecil (single track) yg ada tepat disamping gerbang explorasi, diawal ...jalurnya flat dan gak ekstrim....tapi mulai kedalam...treknya semakin menurun. ekstrim dan licin, ada beberapa rekan yg sempat nyerosot dan terpelanting, karena gak bisa mengendalikan sepeda...tapi sesampai nya kami diperkampungan warga dan break sejenak disitu...tidak ada satupun peserta yg mengalami cidera ringan dan serius...*alhamdulillah
Setelah break sekitar 30 menitan, perjalananpun dilanjutkan...sempet dapet bocoran dari bapak pemilik warung agar berhati-hati ketika sampai di jembatan besi 1 batang...banyak yg terpeleset disitu katanya.....karena kami menganut "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung", saran bapak pemilik warungpun kami camkan baik-baik...gak ada salahnya kan safety first, dan mengacu prinsip-prinsip keselamatan yg menjadi motto tempat saya bekerja yaitu "lakukan dengan benar atau tidak sama sekali", akhirnya kamipun menggowes sepeda dengan penuh kewaspadaan sentimeter demi sentimeter dengan kecepatan rendah tentunya dan beriringan "single line" (sayang kondisi waktu itu hujan, dan gak ada yg bawa camera anti air...jadi gak bisa diabadiin moment single linenya dengan backgroud persawahan, perbukitan dan pertemuan 2 suangai jernih).
Setelah semuanya berhasil menyebrangi jembatan yg cuma besi baja 1 batang itu...kamipun melanjutkan gowes lagi...ada beberapa rekan-rekan yg mencuci sepedanya di sungai termasuk saya...karena menurut keterangan dari host, trek didepan adalah perkampungan warga...jadi sudah pasti jalannya gak separah trek sebelumnya...minimal gak ada tanah merahnya, menuju ke waduk di desa Kracak., dan menjelang kira-kira 8 km ke tempat finish, saya dikejutkan dengan kabar dari om Bara melalui handphone saya, yg mengabarkan ada satu peserta yg mengalami accident...penyebabnya adalah mengerem mendadak karena ada motor keluar dari gang...sehingga peserta tersebut lompat terlempar kedepan, dan mengalami luka kecil (kemasukan batu) di bagian leher dan kakinya, dan om Bara dengan sigap membawa peserta tersebut ke Puskesmas terdekat dan mengevakuasinya dengan mobil ke tikum 2 (tempat finish). Turut prihatin atas accident kecil yg dialami oleh salah satu peserta dari Cipondoh... *2 jempol untuk om Bara.
Selanjutnya, kondisi trek sampai dengan bendungan "rolling ekstrim" abis...seperti trek-trek yg pernah saya alami sebelumnya seperti Pancar, KM Nol, Demit...dan alhamdulillah tuntas...tas...tas dengan selamat dan tepat jam 16:10 saya beserta rombongan, antara lain : om Nengah, om Agung, om Malik, om Yoyo, om Alif, om Aji dan om Wowo sampai di rumah makan di tikum 2 yaitu Desa Kracak. Summary : Trip funbike yg digagas oleh om Bara ini seperti saya sampaikan diawal narasi...memang benar-benar luar biasa mengasyikkan dan sangat berkesan...disamping menu trek yg dihidangkan juga peserta yg ikut dalam trip ini paket komplit punya...ada senior gowes yaitu pak Gento Sutoyo, ada beberapa atlit baik master dan junior, ada rekan-rekan gowes tetangga yaitu om Ferry dan om Alif , ada rekan-rekan gowes yg baru saya kenal dan sempat bertukeran nomer telpon/pin, dan suhu-suhu gowes lainnya...amazing..!!, good to spend the day with all of you guys.. >>Special thanks tuk om Chaerul Bara untuk semuanya....ini gowes bareng pertama saya dengan om Bara semoga silaturohim kita terpelihara dan berlangsung secara continue....mohon maaf kalau ada tutur kata dan tingkah laku saya selama gowes yg kurang berkenan. >>Terimakasih banyak untuk pak Gento Sutoyo, untuk tumpangan loading pulangnya... Explore your mind, explore your power, explore your bike...ONE UNITE BIKE..!!! >Nama trek Cianten-Chevron-Kracak >Jumlah peserta = 39 orang >Jarak tempuh = -/+ 26 km >Janis medan = onroad, offroad, makadam, lumpur tanah merah, nyerosot dan rerumputan >Elevasi : 900 dpl
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI
Lihat Sosbud Selengkapnya