Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Animal Lover

Smile! It increases your face value.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Yang Langka, Yang Dilindungi

25 Juli 2021   07:51 Diperbarui: 25 Juli 2021   19:13 287 56 24 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yang Langka, Yang Dilindungi
Sumber foto : Dokpri by Widz Stoops

Delapan tahun lalu seorang kerabat, sebut saja. M, memutuskan untuk menghabiskan masa tuanya di Florida. M lalu membeli sebidang tanah dengan niat membangun rumah idaman di atasnya.

Saat hendak memulai pembangunan rumahnya, M baru mengetahui kalau ada burung Bald Eagle (elang berkepala putih)  bersarang di atas pohon besar yang tumbuh di sebelah tanah miliknya. Walaupun bukan termasuk hewan langka tapi burung yang dijadikan lambang Negara Paman Sam ini adalah salah satu jenis burung yang dilindungi. Tak mau melanggar peraturan, M menghubungi United State Fish & Wildlife Service atau USFWS untuk meminta petunjuk.

Masalah seperti ini biasanya dilihat kasus per kasus. Ada kalanya sarang burung tersebut bisa dipindahkan ke tempat lain. Dalam kasus M, USFWS menyatakan sarang burung tidak dapat dipindahkan.

Sarang Bald Eagle itu terletak di atas pohon yang tumbuh di luar tanah milik M, meski tidak wajib, USFWS menyarankan agar M memohon untuk mendapatkan "Disturbance Permit" (ijin gangguan) dengan biaya berkisar antara 500 hingga 2500 US dollar.

Saya sebut memohon karena proses ijin gangguan tersebut disamping memakan waktu sekitar dua bulanan, permohonan ijin tidak dijamin akan selalu dikabulkan dan biaya yang telah dikeluarkanpun tidak dapat dikembalikan.

M bisa saja melakukan pembangunan rumahnya tanpa memiliki ijin gangguan karena pembangunan rumah nantinya terletak dalam jarak yang direkomendasikan dari lokasi sarang tersebut. Dan apabila burung elang terus menggunakan sarang untuk membesarkan anak-anaknya, tidak ada hukum Federal yang dilanggar.

Sumber foto : Dokpri by Widz Stoops
Sumber foto : Dokpri by Widz Stoops


Masalah akan timbul, apabila sarang burung elang jatuh, atau anak-anaknya mati atau karena kegaduhan pembangunan rumah burung elang meninggalkan sarangnya, maka M dapat dimintai pertanggung jawaban atas "Eagle Act" atau Undang-undang Burung Elang.

USFWS tidak main-main, denda yang dikenakan adalah kurungan penjara satu hingga dua tahun atau uang berkisar seratus hingga dua ratus lima puluh ribu US Dollar. Tidak mau mengambil resiko, M memutuskan untuk menunda pembangunan tersebut.

Lima tahun berselang, M mendapat berita kalau burung Elang yang bersarang di pohon besar itu sudah bermigrasi entah ke mana dan pohon besar itupun sudah tumbang disambar petir. Betapa senangnya M, karena ia berpikir alam berpihak kepadanya kali ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN