Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Animal Lover

Smile! It increases your face value -www.tomcil.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Rumah Van Gogh Itu Dihuni Anak Autis

26 Agustus 2019   00:51 Diperbarui: 26 Agustus 2019   02:52 0 13 7 Mohon Tunggu...
Rumah Van Gogh Itu Dihuni Anak Autis
Van Gogh House di Mount Dora by John Raoux/AP



Akhir-akhir ini media sosial  ramai menyoroti Dian Sastro yang dengan terbuka membicarakan tentang anak sulungnya yang autis. Sebetulnya Autism Awareness atau kesadaran akan autis ini sudah lama di galakkan. Bahkan pada tahun 2007 PBB telah mencanangkan tanggal 2 April setiap tahunnya sebagai World Autism Awareness Day

Kondisi autis memang mempengaruhi hormon dan cara si penderita memproses emosinya. Tak heran kalau penderita autis sering kali mengeluarkan tantrum atau bahkan menyakiti orang lain tanpa disadarinya. Butuh terapi dan pengarahan khusus untuk mengelola emosi mereka menjadi suatu hal yang positif.

Pengarahan khusus tidak hanya berlaku bagi si penderita autis, tapi juga untuk kita semua agar tahu bagaimana cara berinteraksi dengan baik terhadap para penderita autis terutama saat mereka tidak dapat mengendalikan emosinya. Perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat menganggap ini sebagai hal yang serius. Pengarahan dan training khusus diberikan kepada karyawan tentang bagaimana cara  berinteraksi dengan kustomer yang menderita autis.  

Bicara tentang autis, saya teringat kejadian dua tahun lalu di Mount Dora, Florida tidak jauh dari tempat di mana saya tinggal. Sepasang suami istri yang berimigrasi dari Polandia mempunyai seorang anak laki-laki yang menderita autis.

Suatu ketika saat anak laki-lakinya tidak dapat mengendalikan emosi, tegang dan mengeluarkan tantrum, sang ibu berusaha menenangkannya dengan memberikan buku berisi gambar lukisan-lukisan. Sang anak pun membuka-buka buku itu dan terpaku pada halaman di mana terdapat gambar lukisan 'Starry Night' yang merupakan salah satu karya dari seorang pelukis terkenal di dunia Van Gogh. Semenjak itulah sang ibu menyadari bahwa lukisan ‘Starry Night’ ternyata membantu membuat anaknya tenang.

Tahun 2017, saat anaknya menginjak umur 24 tahun, pasangan suami istri tersebut menghadiahkan suatu yang istimewa dan lain dari yang lain, yaitu dengan menyewa seseorang untuk melukis dinding yang memagari sekeliling rumahnya dengan lukisan mural yang mirip lukisan 'Starry Night'. Tentu saja sebelum melakukan ini mereka harus mendapatkan izin dari Pemerintah setempat.

Mount Dora, kota kecil di Florida memang terkenal sebagai kota yang kaya akan seni dan lukisan mural adalah suatu hal umum yang banyak di temui di sini. Jadi dengan mudah izin tersebut dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Hanya saja Pemerintah setempat tidak pernah menyangka kalau dinding pagar yang di lukis mural tersebut bakal menyerupai lukisan 'Starry Night'.

Tidak hanya itu, lukisan tersebut menyita perhatian orang-orang yang melintasinya. Banyak mobil-mobil berhenti untuk mengambil poto lukisan di dinding pagar tersebut dan tentu saja ini menyebabkan macetnya jalan. Dengan alasan bahwa lukisan mural itu lebih menyerupai grafiti dan menyalahi aturan yang berlaku karena warna dinding pagar seharusnya senada dengan warna rumah, pemerintah setempat yang tadinya mengeluarkan izin kini malah berbalik menjatuhkan denda lebih dari sepuluh ribu dollar Amerika ditambah dengan perintah untuk mencat kembali dinding pagar  agar senada dengan warna rumah mereka.

Dan terhitung sejak hukuman itu dikeluarkan, pasangan ini juga dikenakan tambahan biaya seratus dollar Amerika perhari sampai perintah tersebut di atas terpenuhi

Keputusan itu tidak dianggap enteng oleh pasangan suami istri tersebut, karena menghapus lukisan 'Starry Night' pada dinding pagar rumah yang justru dapat memberi ketenangan dan kedamaian bagi anaknya yang berkebutuhan khusus sangatlah tidak mungkin. Lalu apa yang kemudian mereka lakukan? Ya, dengan terpaksa mereka akhirnya memenuhi perintah itu dengan mengecat kembali pagar rumah dan membuatnya senada dengan warna rumah mereka.

Tapi tunggu dulu! Mereka melakukannya dengan cara mereka sendiri, dalam artian mereka menyewa salah satu pelukis mural dari Belanda yang cukup di kenal hasil karyanya untuk mengecat ulang kembali tidak hanya dinding pagar tapi juga dinding  rumah mereka agar terlihat senada dan tidak menyalahi aturan setempat, seluruhnya dengan lukisan yang menyerupai 'Starry Night'!

Tidak tanggung-tanggung pasangan suami istri itu juga membawa kasusnya ini ke meja sidang tingkat 'Federal Court' menuntut agar pemerintah setempat mengeluarkan 'Public Apology' atas tindakan mereka menghalang-halangi kebebasan berekspresi bagi penderita autis.

Pemilik rumah 'Starry Night' di Mount Dora by John Raoux/AP
Pemilik rumah 'Starry Night' di Mount Dora by John Raoux/AP
Setelah setahun lamanya memperjuangkan hak mereka, pada bulan Juli 2018, akhirnya 'Federal Court' memenangkan kasus mereka. Tidak hanya Pemerintah setempat harus membayar pasangan tersebut sebesar lima belas ribu dollar Amerika tapi juga Federal menuntut mereka untuk mengajukan permohonan maaf kepada pasangan tersebut secara publik melalui jumpa pers.

Meskipun anak autis mereka tidak pernah tahu akan 'chaos' yang ada dibalik lukisan kesayangannya itu, yang jelas pasangan suami istri itu kini bisa sedikit bernafas lega, jika anak autisnya yang mempunyai masalah berkomunikasi itu tersesat saat keluar rumah dan tidak tahu bagaimana cara menyebutkan alamat rumahnya setidaknya dia dapat menyebutkan bahwa dia tinggal di rumah 'Van Gogh' yang kini cukup terkenal.

Jangan heran kalau kita melewati rumah 'Van Gogh' di malam hari kita akan sering melihat anaknya itu berdiri di balkoni atau di halaman rumah menikmati bintang-bintang di langit dan sesekali akan terdengar sayup-sayup lagu 'Starry-Starry Night'

🎵🎵🎵🎵🎵🎵🎵🎵🎵🎵🎵🎵

Now I understand
What you tried to say to me
And how you suffered for your sanity
And how you tried to set them free
They would not listen, they did not know how
Perhaps they'll listen now
For they could not love you
But still your love was true
And when no hope was left in sight
On that starry, starry night
You took your life, as lovers often do
But I could have told you, Vincent
This world was never meant for one
As beautiful as you
Starry, starry night .....🎶🎶🎶🎶