Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Penulis buku “Warisan dalam Kamar Pendaringan”, Animal Lover.

Smile! It increases your face value.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Perkenalkan, Nama Saya Abcde

27 Januari 2019   01:19 Diperbarui: 27 Januari 2019   01:58 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by rawpixel on Unsplash

Beberapa hari lalu saat membuka email di kantor, mata saya tertumpu pada satu email masuk dengan subject line : Perkenalkan nama saya Abcde.
Langsung terlintas di benak saya kalau email tersebut adalah 'prank' email, atau 'scammer'. Pikiran itu tertepis jauh-jauh saat membaca salah satu kalimat didalam email dimana Abcde menyatakan bahwa koleganya Mr. Yates menyarankan untuk menghubungi saya. Tentu saja saya tidak langsung percaya dengan apa yang dikatakannya. Wong dari namanya saja sudah sangat meragukan. Mulailah saya melakukan cek dan ricek sebelum membalas email tersebut, dengan menghubungi klien saya Mr.Yates. Dan ternyata benar adanya,  beliau memang mereferensikan saya ke Abcde, dari beliau pula saya mengetahui kalau sebutan yang sebenarnya untuk abcde adalah AB-si-dee (baca aebsidi).
Tak puas dengan penjelasan klien saya, disamping masih tidak habis pikir iseng amat sih orang tua yang memberi nama anaknya Abcde, menghadaplah saya ke mbah google untuk meminta petunjuknya.
Menurut si mbah ternyata di Amerika Serikat tercatat 393 mendekati 400 bayi terlahir dengan nama Abcde antara tahun 1990  (kecuali tahun 1991,1993,1994,1995,1996) hingga tahun 2016.

Sumber Skye Gould/ Business Insider
Sumber Skye Gould/ Business Insider
Nama Abcde diberikan untuk anak perempuan dan yang menarik, nama ini cukup populer di Hawaii dimana justru b,c dan d tidak termasuk dalam Alphabet Modern Hawaii. Ada pula yang mengatakan kalau nama Abcde juga cukup populer di kalangan keluarga Amerika Latin.
Abcde pertama kali memasuki catatan federal pada tahun 1990, ketika lima bayi perempuan yang baru lahir diberi nama tersebut.
Dari tahun 1991 hingga 1996, Abcde hanya sekali masuk chart yaitu tahun 1992, ketika enam bayi perempuan diberi nama Itu, tapi tidak berarti hanya ada enam anak perempuan yang bernama Abcde dari '91 ke '96, hanya saja pada tahun-tahun lainnya kurang dari lima yang bernama tersebut. Dari situlah perkiraan "mendekati 400" berasal.

Tahun 1997 adalah pertama kali grafik nama Abcde mulai melonjak naik. Tercatat lima bayi dalam setahun diberi nama Abcde. Bertambah menjadi 13 pada tahun 1999, dan 16 Abcde turun kedunia pada tahun 2001. Era pemerintahan George W. Bush adalah zaman keemasan Abcde, melonjak dari hanya segelintir Abcde pada awalnya menjadi lebih dari dua lusin per tahun pada akhirnya. Puncak tinggi untuk Abcde adalah tahun 2009, ketika 32 bayi diberi nama lima huruf pertama dari alfabet itu.

Tetapi resesi menghantam Abcde dengan keras. Popularitas mulai menurun pada tahun 2010, dengan hanya 25 bayi Abcde, turun menjadi 21 bayi pada tahun 2011. 15 di tahun 2013. Ada 11 di 2014 dan enam di 2017.

Saya dengan Abcde, dokumen pribadi.
Saya dengan Abcde, dokumen pribadi.
Setelah cukup yakin, akhirnya sayapun membalas email dari Abcde yang kemudian diteruskan dengan pertemuan pertama kali saya dengannya kemarin. Pada pertemuan itu saya sempat bertanya apakah dia mempunyai saudara yang bernama Lmnop? Jawabnya ? Ah, sepertinya saya simpan saja dulu untuk tulisan berikutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun