Mohon tunggu...
Widiya okta Sapitri
Widiya okta Sapitri Mohon Tunggu... Mahasiswa komunikasi

Mahasiswa yang belajar komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

3 Tipikasi Flaming di Instagram Nissa Sabyan

9 April 2021   13:10 Diperbarui: 9 April 2021   13:28 99 1 0 Mohon Tunggu...

Baru-baru ini penyanyi Nissa Sabyan mendapatkan flaming di akun instagram pribadinya. Pemberitaan tentang kasus perselingkuhan Nissa Sabyan membuat akun instagram miliknya dibanjiri komentar netizen, berita tersebut membuat netizen kecewa karena sosoknya yang dianggap religius juga sebagai penyanyi lagu-lagu religi, karena itu banyak netizen yang menuangkan rasa kecewanya melalui kolom komentar unggahan terakhir di akun Instagram milik Nissa Sabyan. 

Menurut data yang didapat melalui akun instagram Nissa sabyan, komentar pada unggahan terakhirnya di instagram mencapai 297.127 komentar. Jumlah ini jauh berbanding dengan jumlah komentar di unggahan instagram Nissa Sabyan sebelum muncul berita perselingkuhannya. Komentar pada akun Nissa Sabyan didominasi oleh komentar-komentar negatif netizen yang sekedar meluapkan emosi terhadap berita perselingkuhan Nissa Sabyan. 

Banyaknya komentar negatif yang terus masuk ke akun Instagram Nissa Sabyan membuat Nissa Sabyan akhirnya secara tiba-tiba menonaktifkan komentar di Instagram nya, hal ini membuktikan bahwa saat ini Nissa Sabyan mendapatkan flaming. Lalu apa definisi flaming itu sendiri? Flaming yaitu suatu tindakan mengirim pesan yang isinya merupakan kata-kata yang penuh amarah dan frontal. 

Juga penggunaan istilalah "flame" ini pun merujuk pada kata-kata yang ada dipesan yang berapi-api. Flaming bisa berupa pesan atau ungkapan penghinaan, mengejak dan provokasi, misalnya "jijik banget", "alay" atau sebagainya. Flaming juga merupakan salah satu bentuk dari cyberbullying. 

Cyberbullying sendiri mengacu pada penggunaan teknologi informasi untuk dengan sengaja, berulang kali, merugikan atau melecehkan orang lain. Hal demikian dapat mengacu pada penindasan secara verbal, perilaku verbal cyberbullying ini biasanya dilakukan dengan cara mengolok-ngolok, mengkritik, menghina, mengobrol, menyebarkan isu yang dapat merugikan orang lain. Bentuk flaming yang diterima Nissa Sabyan di akun Instagramnya cukup beragam. Terlihat dari komentar-komentar negatif netizen yang masuk ke instagramnya. 

Ada 3 tipikasi flaming yang diterima Nissa Sabyan di akun Instagram pribadinya : 

1. Ucapan/komentar Menghina

Menghina berarti merendahkan,memandang rendah orang lain . flaming tipe ini banyak ditemukan di kolom komentar instagram Nissa Sabyan. Seperti salah satu komentar yang ditemukan di akun instagram Nissa Sabyan dari akun @sendii_yudha yang menulis komentar "Sampe ini Beneran , Selera Lo Rendahan Sih , Masa Udah Cakep, terkenal, kariernya bagus masa senengnya sama laki yang udah tau kalo udah punya istri dan anak. Semoga aja berita hoaxxx dan tidak bener! Malu bro kalo sampe real". 

2. Ucapan/komentar Mengejek 

Mengejek memiliki arti mengolok-olok, menertawakan juga menyindir seseorang. Pada kolom komentar instagram miliki Nissa Sabyan, banyak netizen yang sengaja mengejek dengan kata-kata yang menyindir juga mengolok-ngolok. Bisa dilihat dari gambar berikut. Komentar dari @xau_caocao yang mengatakan " cantik doang doyan suami orang canda suami orang " juga akun @megaalyn yang menulis komentarnya " ciyeee yang sering pesen connecting room ". komentar-komentar tersebut termasuk ke dalam tipikasi flaming "mengejek" karena cenderung bertujuan menyindir juga mengolok - olok. 

3. Ungkapan Provokasi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN