Mohon tunggu...
Widiyanto Nugroho
Widiyanto Nugroho Mohon Tunggu... an engineering student

describe the moments, share the happiness

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

"Kopi Kawa" Produk Minuman Teh Kaya Manfaat dari Daun Kopi

18 Februari 2020   14:10 Diperbarui: 18 Februari 2020   14:13 118 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa KKN Undip Ajari Warga Sulap Daun Kopi Menjadi Produk Minuman Teh Kaya Manfaat, "Kopi Kawa"

Tegaron, Kabupaten Semarang (9/2/2020). Mahasiswa KKN Tim 1 Undip melakukan salah satu program unggulanya yaitu sosialisasi pemanfaatan daun kopi menjadi olahan teh kaya manfaat pada masyarakat di Desa Tegaron, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Salah satu potensi utama di Desa Tegaron yang terletak di Dusun Gesing ini adalah perkebunan kopi yang keberadaanya cukup luas. Akan tetapi selama ini masyarakat hanya memanfaatkan biji kopi nya saja yang kemudian diproses menjadi produk kopi bubuk bernama "Kopi Kendil Mukti". Karena jumlah pohon kopi yang ada cukup melimpah di Dusun Gesing ini, maka mahasiwa KKN Undip menawarkan dan memberikan sosialisasi serta pelatihan kepada masyarakat mengenai pembuatan daun kopi menjadi teh, yang diberi nama "Kopi Kawa".

Pemberian nama "Kopi Kawa" sendiri berasal dari kata "Aia Kawa" yang berarti produk minuman yang disajikan dengan cara diseduh dan berbahan dasar dari daun kopi.  Produk "Kopi Kawa" merupakan produk minuman teh yang berbahan dasar dari daun kopi robusta ataupun arabika dan memiliki manfaat sebagai sumber antioksidan, anti inflamasi, mencegah pertumbuhan sel tumor dan sel kanker, menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah terjadinya penyakit jantung serta diabetes mellitus.

Selain untuk dikonsumsi pribadi, produk teh "Kopi Kawa" ini dapat dijual-beli kan sebagai sumber penghasilan tambahan masyarakat di Desa Tegaron.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan daun kopi menjadi produk minuman teh ini diikuti oleh masyarakat Dusun Gesing, terutama dari kalangan ibu-ibu rumah tangga yang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan, menambah keberagaman bahan pangan masyarakat serta pengoptimalan potensi sumberdaya alam yang ada di Desa Tegaron.

Program yang dilaksanakan tidak hanya melibatkan mahasiswa dari satu disiplin ilmu saja, namun terdapat sumbangsih keilmuan dari mahasiswa fakultas kedokteran yang menjelaskan mengenai manfaat kopi kawa bagi kesehatan dan anjuran konsumsi kopi kawa, kemudian masyarakat diajarkan mengenai perluasan penjualan hasil olahan kopi di market place yaitu Facebook dan Bukalapak oleh mahasiswa administrasi bisnis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x