Mohon tunggu...
Widiyanto Nugroho
Widiyanto Nugroho Mohon Tunggu... an engineering student

describe the moments, share the happiness

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kelas Ibu Hamil di Desa Tosaran Bersama Mahasiswa KKN UNDIP

16 Agustus 2019   01:00 Diperbarui: 16 Agustus 2019   01:16 0 1 0 Mohon Tunggu...
Kelas Ibu Hamil di Desa Tosaran Bersama Mahasiswa KKN UNDIP
foto arsip kegiatan

PEKALONGAN, 23 Juli 2019 -- Selasa, TIM II KKN UNDIP 2019 Desa Tosaran menjalankan 3 program monodisiplin di Balai Desa Tosaran pada acara kelas ibu hamil dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 orang iibu hamil warga Desa Tosaran dengan menghadirkan pula ibu bidan dari Desa Tosaran. 

Program yang diberikan berupa pelatihan persiapan kondisi psikologis pada ibu hamil mengenai baby blues dan cara mengatasi yang salah satunya dengan menggunakan teknik relaksasi pernafasan ibu hamil. 

Program ini disampaikan oleh Naora Zola dan Fadhillah Rahmawati, mahasiswa dari Psikologi Undip. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan secara psikologis bagi ibu hamil, mengingat kurangnya pengetahuan yang diberikan pada ibu hamil terkait kesehatan psikologis. Selanjutnya, dilakukan program pelatihan pembuatan pudding pisang susu tinggi asam folat. 

Program ini disampaikan oleh Rani Prihatiningsih, mahasiswa dari Teknologi Pangan. Pudding pisang susu merupakan salah satu alternatif makanan pendamping untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi dan mampu memenuhi gizi untuk ibu dan janin, ditambah lagi ibu hamil di Desa Tosaran mengalami RESTI KEK (Resiko Tinggi Kekurangan Energi Kalori) yang berpotensi stunting untuk janin yang dikandungnya. 

Selain untuk memenuhi gizi dari ibu hamil, adanya pelatihan pembuatan pudding pisang susu mampu meningkatkan kreativitas ibu-ibu, khususnya ibu hamil untuk menciptakan makanan yang mudah dan mampu memenuhi gizi selama masa kehamilan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x