Kesehatan

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Bermasalah

12 Oktober 2018   17:54 Diperbarui: 16 Oktober 2018   13:20 337 0 0
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Bermasalah
www.eskincarestore.com

Memiliki kulit yang sehat dan cerah merupakan keinginan setiap orang. Banyak usaha yang ditempuh untuk mewujudkannya, seperti menggunakan produk perawatan wajah dan rutin melakukan treatment ke klinik kecantikan. Terkadang, meski sudah memiliki wajah yang tak bermasalah, seseorang, terutama wanita masih belum puas dengan kondisi kulitnya. Tak heran seseorang akan tetap mengunjungi klinik kecantikan meski wajahnya bahkan sudah sangat licin.

Ada juga yang sudah melakukan berbagai perawatan namun masih saja bermasalah, seolah tidak memberikan hasil yang signifikan. Selain kurang menjaga pola makan dan gaya hidup, hal ini bisa juga terjadi karena kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari malah menimbulkan masalah pada kulit. Mengutip CNNIndonesia, berikut lima kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk memiliki kulit sehat dan bebas masalah :

1. Sering menyentuh muka
Hayo, siapa di sini yang hobi ngupyek-ngupyek muka? Apalagi kalau ada jerawat nongol. Bawaannya gemas dan nggak tahan ingin segera mengenyahkannya dengan cara dipencet. Kebiasaan ini sangat amat sangat tidak baik, lho! Memencet jerawat memang akan menghilangkan isi dari benjolan jerawat, namun bila dilakukan dengan cara yang salah bisa-bisa malah menimbulkan luka baru. Belum lagi kondisi tangan yang belum tentu bersih. Kuman-kuman dari tangan malah akan bermigrasi ke wajahmu dan bisa mengakibatkan bruntusan, atau paling parahnya adalah jerawat baru.

2. Eksfoliasi setiap hari
Why? Bukannya eksfoliasi itu bagus? Yup! Benar sekali, eksfoliasi memang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Namun, cukup lakukan seminggu sekali saja. Melakukan eksfoliasi setiap hari sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat permukaan kulit menjadi tipis. Kulit memiliki sistem keseimbangan alami antara bakteri dan minyak yang menjaga kulit kamu tetap sehat dan elastis. Nah, eksfoliasi ini beresiko menimbulkan ketidakseimbangan yang memicu iritasi dan kemerahan serta kulit kering dan pecah-pecah.

3. Membersihkan wajah dengan tisu basah
Yang satu ini pasti sering dilakukan. Padatnya rutinitas sering kali membuat kita tidak sempat mencuci muka. Apalagi saat sedang dalam perjalanan jauh, tisu basah selalu menjadi andalan untuk urusan bersih-bersih. Namun, ternyata hal ini tidak dianjurkan, lho! tisu basah bisa meninggalkan residu dan membuat kotoran menumpuk kembali di wajah.

4. Tidur tengkurap
Tidur tengkurap dengan muka menghadap bantal berotensi mempercepat penuaan, lho! hal ini karena muka akan lebih cepat membentuk garis dan kerutan dengan posisi ini. Belum lagi sarung bantal yang biasanya terkena rambut dan jarang dicuci. Tentu kotoran akan banyak bersarang disana. Jika kulit muka bersentuhan langsung dengan sarung bantal tersebut, tak sampai 3 hari jerawat akan nangkring di wajahmu. Percaya deh!

5. Begadang
Kamu rajin pakai krim malam tapi juga rajin melek tengah malam, percuma dong?! Jika ingin memiliki kulit sehat, kurangi lah begadang. Kurang tidur dapat membuat kulit menjadi kusam dan memunculkan garis muka serta lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, begadang dapat membuat penyerapan nutrisi dari krim malam yang kamu pakai menjadi tidak sempurna. Selain itu, usahakanlah tidur dalam keadaan gelap karena tidur dengan lampu menyala atau ditemani televisi yang menyala akan menurunkan produksi hormon melatonin.