Hobi

Menyegarkan Rumah dengan Desain Interior Baru

11 Oktober 2018   13:45 Diperbarui: 11 Oktober 2018   13:55 300 0 0

Rumah merupakan tempat paling nyaman di dunia. Ada yang bilang "Home isn't a place, it's a feeling". Rumah bukan hanya perkara tempat dan bangunan, namun bagaimana perasaanmu terbangun disana. Rumah menjadi saksi bagaimana kamu tumbuh, bagaimana kamu membantu ibu memasak, bagaimana kamu lebih memilih mengunci diri di kamar daripada menonton tv bersama ayah, bagaimana kamu mengendap-endap lewat pintu belakang saat pulang kemalaman, semua terjadi dirumah.

Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan meninggalkan rumah. Entah menimba ilmu atau mencari pengalaman dengan bekerja. Kamu akan menemukan tempat tinggal dan kesibukan baru yang membuatmu sedikit mengesampingkan semua tentang rumah.

Ada kalanya rindu itu menyerang. Kamu mulai rindu nikmatnya masakan ibu, serunya ngobrol tentang politik bersama ayah, dan perhatian ibu saat kamu sakit. Semua hal tentang rumah membuatmu yang telah jauh berkelana merasa ingin pulang.

Semakin lama waktu berjalan, kamu akan bisa membangun rumahmu sendiri. Tempat yang akan menaungimu saat kamu lelah sepulangnya dari bekerja. Rol-rol memori akan kamu buat sendiri dengan orang baru yang menemani.

Memiliki rumah yang nyaman dan indah tentu menjadi impian semua orang, begitupun kamu. Tak harus mewah, cukup rapi dan enak dipandang. Kamu bisa mendekor rumahmu sesuai dengan seleramu. Sebuah ruangan kosong akan terasa berbeda jika kamu menambahkan beberapa interior disana.

Beralih dari 'home is a feeling', tak ada salahnya juga membahas desain interior rumah yang bisa menyegarkan nuansa rumahmu. Mendekor rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, lho! Kamu bisa mengkreasikan barang-barang yang tidak terpakai menjadi barang fungsional yang bisa digunakan kembali. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan beberapa furniture yang 'kamu banget' untuk mempercantik visualnya.

Jika kamu bosan dengan nuansa rumah yang itu-itu saja, beberapa rekomendasi desain interior yang dikutip dari CNNIndonesiaberikut bisa kamu tiru untuk mengatasinya :

1. Barang daur ulang

Punya barang bekas di rumah? Jangan buru-buru dibuang. Kamu bisa membuat berbagai kerajinan tangan, hiasan, bahkan barang fungsional yang bermanfaat dari barang-barang bekas, lho! Contohnya lampu dari botol, hiasan dinding dari hanger, dan masih banyak lagi.

2. Dekorasi penuh warna

Sesekali cobalah untuk bereksperimen dengan warna cat ruanganmu. Jika warna monokrom dirasa sudah terlalu monoton, kamu bisa mengubahnya menjadi colorfull. Memang terlihat sedikit mencolok, namun akan memberikan suasana segar dalam rumahmu. Kombinasikan warna cat tembok dan furniture dengan warna-warna berbeda namun senada, misalnya hijau dengan kuning.

3. Hiasan custom

Your home is your reflection, banyak orang yang rela menghabiskan waktunya untuk mencari barang-barang untuk interior rumahnya yang sesuai dengan dirinya. Barang-barang tesebut biasanya diperoleh secara custom dari suatu toko. Misalnya saja hiasan pintu bertuliskan namamu, atau jika kamu menyukai segala hal tentang Mario Bross, jangan segan-segan untuk menjadikannya hiasan dirumahmu.

4. Bohemian

Konsep ini pernah naik daun sekitar tahun 1970an. Nuansa santai yang melekat pada konsep  bohemian kini dilirik kembali. Kamu bisa menempatkan beberapa barang bernuansa bohemian seperti dream catcher sebagai hiasan. Untuk warna temboknya, cukup gunakan warna putih saja.

5. Tren garis

Tren yang biasa disebut 'wabi sabi' ini pernah sangat ramai pada tahun 2017 lalu. Wabi sabi merupakan konsep estetika ala Jepang yang menggambarkan sesuatu yang indah di tengah ketidaksempurnaan. Berbagai polesan garis tak sempurna itu hadir dalam sejumlah keramik yang biasa dijadikan hiasan ruangan.