Mohon tunggu...
Widiatanti
Widiatanti Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Universitas Negeri Surabaya

Hai Saya Widiatanti mahasiswi aktif Ilmu Komunikasi UNESA

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Realisasi Sumpah Pemuda Terhadap Pendidikan Indonesia

9 September 2022   17:28 Diperbarui: 10 September 2022   20:37 133 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: dokumen penulis

Sejarah

Bahasa Indonesia bukan sebuah hal yang keberadaannya tiba-tiba ada melainkan terdapat peristiwa di dalamnya. Bahasa Indonesia lahir sejalan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Isi dalam ikrar Sumpah Pemuda itu meliputi: "Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Berbangsa yang Satu Bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia."

Sejalan dengan ikrar ketiga Sumpah Pemuda tersebut, maka lahirlah Bahasa Indonesia yang berarti tekad bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 itulah bahasa Indonesia resmi dinyatakan sebagai bahasa nasional.

Lalu berasal dari mana Bahasa Indonesia itu sendiri? Bahasa Indonesia lahir dari akar Bahasa Melayu. Bahasa Melayu dibawa oleh para pedagang dan penyebar agama sehingga masyarakat mulai terbiasa mendengarkan juga memahaminya. Bahasa Melayu dianggap mudah untuk dipahami dan mudah diterima serta diaplikasikan ke dalam masyarakat luas karena tidak terdapat tingkat tutur. Bahasa Melayu semula sudah dipergunakan bukan hanya di sekitar wilayah Indonesia saja, melainkan di hampir seluruh kawasan Asia Tenggara.

Perkembangan Bahasa Melayu Di Nusantara memengaruhi tumbuhnya rasa persaudaraan antar golongan di Indonesia. Secara sadar, para pemuda Indonesia mengangkat Bahasa Melayu menjadi bahasa yang menjadi bahasa khusus bangsa Indonesia yakni Bahasa Indonesia. Bahasa tersebut lambat laun mulai melebur oleh kebudayaan masing-masing daerah sehingga terciptalah aksen dan dialek yang berbeda antardaerah.

Fungsi

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki fungsi tersendiri

1. Lambang Nasionalisme

Sebagaimana yang kita tahu bahasa Indonesia hanya ada di Indonesia. Tidak selayaknya bahasa Inggris yang digunakan di berbagai negara dan ditetapkan sebagai bahasa internasional, atau bahasa Jerman yang menjadi bahasa internasional di Eropa, namun lain halnya dengan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa yang hanya digunakan oleh bangsa Indonesia sendiri. 

Maka sepatutnya kita bangga dan bijak dalam menggunakannya sebab menggunakan bahasa Indonesia yang baik akan mencerminkan kepribadian rakyat-rakyatnya. Bangga menggunakan Bahasa Indonesia adalah suatu bentuk sikap nasionalis sehingga menambah nilai persatuan dan kesatuan.

2. Lambang Identitas Bangsa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan